Cara Membuat Bonsai Hias yang Unik, dan Estetik

Tanaman bonsai memiliki popularitas yang tetap hits hingga saat ini. Keindahan dan keunikan tanaman ini sebagai dekorasi taman atau rumah, cocok untuk dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Semakin estetik maka harga jualnya juga semakin mahal. Berikut adalah cara membuat bonsai.

Menentukan Jenis Tanaman yang Tepat

Tanaman bonsai merupakan bagian dari tanaman yang dikembangkan melalui beberapa metode. Metode tersebut diantaranya adalah okulasi, setek, enten, dan cangkok. Meskipun demikian, tidak semua jenis tanaman dapat Anda gunakan untuk tanaman bonsai.

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum melakukan cara untuk membuat bonsai adalah memahami kriteria tanaman. Adapun beberapa kriteria dari tanaman yang dapat dijadikan bonsai yaitu memiliki usia tumbuh yang panjang dan termasuk dalam tanaman dikotil.

cara membuat bonsai

pexels.com

Selain yang telah disebutkan, tanaman yang akan dijadikan bonsai juga harus mempunyai daya tahan yang cukup baik. Hal tersebut dikarenakan, dalam perawatannya akan melibatkan pemotongan batang, penggunaan kawat, berada di media yang sempit dengan waktu yang lama, dan minim nutrisi.

Ciri-ciri tanaman yang dapat dijadikan bonsai yang indah adalah memiliki bentuk asli yang indah, memiliki bunga yang cantik, mempunyai daun-daun yang rindang, dan memiliki jenis batang yang menarik. Salah satu tanaman yang cocok dijadikan bonsai adalah serut.

Mengenal Media Tanam untuk Bonsai

Umumnya, ukuran wadah yang digunakan untuk tanaman bonsai relatif kecil dan sempit jika dibandingkan dengan lingkungan yang sebenarnya. Dengan ukuran yang sempit, menyebabkan persediaan nutrisi yang juga terbatas untuk tanaman bonsai.

Dengan demikian, media tanam tanaman bonsai memiliki peranan yang penting untuk kelangsungan hidupnya. Mengenal media tanaman untuk tanaman bonsai sangat penting untuk Anda ketahui jika ingin membuat atau merawat tanaman bonsai.

pexels.com

Penggunaan pasir sebagai media dapat mencegah air merendam akar tanaman bonsai terlalu lama. Apabila Anda menggunakan tanah, pilihlah tanah merah atau tanah gunung yang gembur. Untuk menunjang kesuburan tanaman bonsai, aplikasikan pupuk yang kaya akan nutrisi.

Pemberian pupuk kandang berguna sebagai penyuplai nutrisi tambahan. Sedangkan penggunaan pupuk kompos dapat membuat tanaman bonsai berkembang sesuai dengan gen aslinya, karena mengandung unsur hara. Anda dapat memilih dan memberikan pupuk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Menanam Tanaman Bonsai

Cara membuat bonsai yang berikutnya adalah menanam batang dari tanaman yang telah Anda pilih dalam media yang juga telah disesuaikan. Anda juga harus memperhatikan lapisan media yang digunakan. Pada lapisan atas, Anda dapat menggunakan tanah yang gembur dan subur.

pexels.com

Ketebalan untuk lapisan atas kurang dari 35 cm. sedangkan untuk lapisan kedua, Anda dapat menggunakan tanah yang lunak agar dapat menyalurkan air dengan baik, sehingga tidak mudah busuk. Sedangkan untuk lapisan ketiga menggunakan campuran dengan bebatuan yang kedap air.

Pembuatan bonsai harus memperhatikan dan menjaga kelembaban tanah agar akar tidak mudah busuk. Sebelum menggunakan media tersebut, saringlah terlebih dahulu untuk meminimalkan risiko. Tanaman bonsai dapat terserang serangga, cacing, dan penyakit.

Membuat Bonsai Sesuai dengan Bentuk yang Diinginkan

Tahap berikutnya adalah, Anda dapat membentuk bonsai sesuai dengan yang telah diinginkan. Anda dapat mencari referensi terlebih dahulu mengenai bentuknya. Cara untuk membentuknya membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang ekstrak.

pexels.com

Anda dapat membentuknya saat tanaman yang ditanaman telah tumbuh dan menjadi kuat. Cara selanjutnya adalah membuat kerangka dasar. Setelah itu, Anda dapat menggunakan bahan pendukung seperti tali rafia, tang, kawat, pisau,dan gunting dahan.

Cara untuk membentunya yakni dengan memotong bagian ranting dan ikatkan dengan kawat. Anda dapat mengarahkan sesuai dengan keinginan. Penggunaan kawat juga dapat menjaga ukuran bonsai tetap minimalis.

Tahap Finishing Pembuatan Bonsai

Tahap terakhir dari pembuatan bonsai adalah dengan penyempurnaan bentuk bonsai. Bonsai yang sempurna dapat diperoleh setelah bertahun-tahun. Bonsai yang unik dan estetik dinilai dari keseimbangan bentuk.

pexels.com

Cara membuat bonsai yang sempurna dapat dilakukan dengan pemetikan dan pemangkasan titik tumbuh. Ranting yang dipangkas bisa dari bagian terdekat kuntum. Bekas pemangkasannya dapat Anda tutupi dengan paraffin. Cara ini dapat menjaga penampilan bonsai tetap estetik dan cantik.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru