Cara Membersihkan Mesin Cuci 1 Tabung di Rumah, Mudah Kok!

mesin cuci 1 tabung

Ada beragam jenis mesin cuci yang bisa Anda temui, baik mesin cuci 1 tabung maupun mesin cuci 2 tabung. Selain mengetahui cara pengoperasiannya, Anda juga perlu mempelajari cara membersihkan mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini!

Apa Dampak dari Mesin Cuci yang Kotor?

Dampak dari mesin cuci yang kotor adalah proses mencuci menjadi kurang efektif. Kotoran yang menempel pada pakaian juga dapat menempel di mesin cuci.

Karena itulah, sangat penting untuk Anda mencari tahu cara membersihkan mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung demi keoptimalan proses pembersihan pakaian Anda. Sebaiknya, mesin cuci dibersihkan secara berkala kurang lebih 1 minggu sekali, ya.

Persiapan Sebelum Membersihkan Mesin Cuci 1 Tabung dan Mesin Cuci 2 Tabung

Ada beberapa bahan yang perlu dipersiapkan untuk membersihkan mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung, berikut daftarnya:

1. Kain serat mikro

2. Air sabun hangat

3. Kuas kecil

4. Botol semprotan

5. Pembersih mesin cuci

6 Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan

Ada beberapa langkah penting sebelum membersihkan mesin cuci bukaan depan, di antaranya:

1. Nyalakan siklus normal dengan air panas untuk membersihkan drum

Pertama-tama, pastikan Anda telah mengangkat semua pakaian di dalam mesin cuci. Kemudian, ikuti petunjuk pembersihan mesin cuci Anda.

Masukkan tablet, bubuk, atau cairan pembersih mesin cuci ke dalam tabung atau dispenser deterjen. Lalu, jalankan mesin cuci bukaan depan pada siklus normal dengan air panas.

Begitu selesai, bersihkan tabung mesin cuci untuk memastikan tidak ada residu yang tersisa.

2. Cabut mesin cuci & biarkan air mengalir keluar dari saluran pembuangan dan filter

Nah, langkah berikutnya Anda harus mencabut steker mesin cuci. Cari panel kecil di bagian bawah depan, dan siapkan handuk atau nampan untuk menampung air.

Kemudian, buka panel dan dial secara pelan-pelan. Langkah ini penting untuk mengontrol air saat mengalir keluar.

3. Gosok filter pompa mesin cuci dengan sikat kecil

Setelah membuka tutup, pastikan tidak ada benda asing yang menyumbat di filter serta saluran pembuangan. Kemudian, bersihkan filter tersebut dengan air hangat dan sikat kecil, ya!

4. Bersihkan gasket dan pintu mesin cuci dengan air sabun panas

Jangan lupa untuk membersihkan karet mesin cuci Anda. Karena jika karetnya penuh residu sabun dan air lalu dikombinasikan dengan lingkungan hangat di dalam mesin cuci, itu dapat menjadi tempat berkembang biak jamur.

Agar pembersihan mesin cuci benar-benar menyeluruh, semprotkan air sabun panas pada gasket. Lalu, tarik perlahan lipatannya agar benar-benar masuk. Terakhir, lap dengan kain bersih. Voila!

5. Keluarkan dispenser deterjen & sikat semua residu dengan air sabun hangat

Perlu disadari bahwa deterjen dapat menumpuk di sela-sela dispenser yang kemudian membuat penyumbatan. Agar tetap bersih, coba lepaskan laci, lalu pisahkan semua sisipan yang dapat dilepas, dan rendam dalam air sabun hangat.

Sikat semua residu dan lap hingga kering. Sebelum mengembalikan laci pada tempat semula, pakai sikat atau kain untuk memastikan rongga laci bebas dari residu, ya.

6. Bersihkan juga bagian luar mesin cuci

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah menyeka bagian luar mesin menggunakan kain lembab. Mudah, kan?

4 Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Atas

Apakah mesin cuci Anda tipe bukaan atas? Ini dia beberapa langkah penting sebelum membersihkan mesin cuci bukaan atas:

1. Bersihkan tabung mesin cuci dengan siklus normal serta air panas

Langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah memastikan tidak barang yang tertinggal di dalam mesin cuci. Lalu, baca baik-baik instruksi pembersih mesin cuci dan ikuti informasi tersebut.

Masukkan pembersih mesin cuci ke dalam tabung. Lalu, atur mesin cuci ke siklus normal menggunakan air panas.

Jika Anda melihat airnya menjadi kotor, Anda tidak perlu panik, ya! Kondisi itu terjadi karena penumpukan kotoran di bawah drum bagian dalam. Biarkan air tersebut mengalir, kemudian bersihkan bak mesin cuci untuk memastikan semua residu hilang.

2. Copot dispenser deterjen & rendam dalam air sabun hangat

Langkah kedua yang adalah mencabut dispenser deterjen, kemudian merendamnya dalam larutan air sabun hangat. Sikat perlahan semua bagiannya untuk memastikan tidak ada residu yang tertinggal.

3. Cuci bagian tepi dan bagian dalam pintu mesin cuci

Jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian tepi dan dalam pintu mesin cuci. Anda bisa menggunakan air sabun hangat lagi untuk tahapan ini.

Apabila mesin cuci bukaan atas yang Anda miliki memiliki agitator, Anda juga membersihkan juga bagian atasnya. Setelah dibersihkan, jangan lupa membilasnya dengan air.

4. Lap bagian luar mesin cuci dengan kain microfiber 

Langkah keempat yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan bagian luar mesin cuci. Gunakan kain microfiber yang berada dalam kondisi lembap untuk ini.

Seka bagian-bagian tertentu untuk mengangkat seluruh debu, kotoran, serta tetesan produk cucian. Pastikan Anda tidak menggunakan bahan kimia keras atau bahan abrasif yaa agar lapisannya tetap awet.

Cara Membersihkan Mesin Cuci 1 Tabung

Apabila mesin cuci 1 tabung Anda kotor, Anda tidak perlu panik dan langsung memanggil jasa pembersih. Anda bisa dengan mandiri membersihkan mesin cuci 1 tabung dengan mudah di rumah. Penasaran? Yuk, ikuti step-stepnya!

1. Pastikan Semua Alat dan Bahan Pembersih Sudah Tersedia

Step pertama yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan semua kebutuhan pembersihan mesin cuci. Pastikan bahwa setiap alat dan bahan sudah siap dan tersedia.

2. Gunakan Air Panas untuk Mengisi Tabung Mesin Cuci

Berikutnya, kosongkan bagian tabung mesin cuci lalu isi dengan air panas. Nyalakan mesin cuci seperti mode normal, lalu buang air yang ada di dalamnya.

3. Tambahkan Larutan Cuka Ke Dalam Mesin Cuci

Campurkan satu liter cuka dengan air dalam jumlah maksimal, lalu masukkan ke dalam mesin cuci. Mengapa cuka sangat penting? Karena cuka dapat dengan efektif membersihkan residu sabun dan kotoran di dalam tabung mesin cuci tanpa merusak bagian dalam tabung.

Tunggu hingga sejam dan biarkan  mesin cuci terisi larutan cuka. Lalu, nyalakan mesin cuci seperti biasa dan buang larutannya setelah selesai.

4. Bersihkan dengan Cermat Setiap Sudut dan Sela Mesin Cuci

Jangan hanya berfokus pada area tabung mesin cuci saja, tapi bersihkan setiap sudut dan sela tabung agar pembersihan mesin cuci berjalan optimal, ya!

Untuk tahapan ini, Anda bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk membersihkan area-area yang kecil dan presisi.

5. Lap Bagian Luar Mesin Cuci dengan Microfiber

Selanjutnya, lap bagian luar mesin cuci dengan menggunakan kain microfiber. Anda juga bisa menambahkan soda kue untuk memberi kesan kinclong pada bagian luarnya.

Itu dia penjelasan lengkap tentang cara membersihkan mesin cuci 1 tabung. Semoga artikel di atas dapat membantu, ya! Yuk, telusuri juga artikel-artikel menarik lainnya pada blog kami.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru