Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Mudah, Bisa Dicoba!

Cara membersihkan kipas angin dengan mudah

Kipas angin adalah salah satu perlengkapan rumah tangga yang penting, karenanya penting untuk Anda mengetahui cara membersihkan kipas angin. Penyebab utamanya adalah alat elektronik ini cenderung mudah berdebu.

Apabila tidak rutin dibersihkan, tumpukan debu dan kotoran yang menempel dapat menjadi sumber penyakit, lho! Selain itu, kipas angin yang ada dalam kondisi bersih juga lebih mampu menghembuskan angin yang kencang.

Ingin tahu tips-tips membersihkan kipas angin tanpa perlu dibongkar? Simak artikel di bawah ini!

Mengapa Penting untuk Membersihkan Kipas Angin?

Kehadiran kipas angin sangat dibutuhkan untuk membantu menyejukkan ruangan. Kipas angin dapat menjadi opsi bagi Anda yang mencari alternatif dari AC (Air Conditioner). Selain harga produknya yang lebih terjangkau, penggunaan kipas angin juga lebih mampu menghemat listrik.

Untuk mendapatkan aliran angin yang bagus dan segar, Anda perlu melakukan pembersihan kipas angin yang rutin. Karena ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kipas angin yang bersih.

Salah satunya, kipas angin yang bersih lebih mampu bekerja dengan lebih baik. Selain itu, kipas angin yang bersih juga akan mencegah munculnya beragam risiko masalah kesehatan yang muncul saat debut dan kotoran menumpuk pada permukaannya.

Bagaimana Cara Membersihkan Kipas Angin yang Tepat dan Mudah?

Dapat dikatakan bahwa proses pembersihan kipas angin cenderung lebih mudah dari pembersihan AC. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini. Yuk simak cara membersihkan kipas angin!

1. Matikan Perangkat Kipas Angin dan Cabut Kabelnya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan perabotan elektronik apa pun adalah memastikan bahwa peralatan tersebut telah mati dan tidak terhubung dengan saluran listrik. Karena itu, Anda perlu mematikan kipas angin dan memastikannya kabelnya telah dicabut.

2. Jangan Lupa Menyiapkan Alat Pendukung

Langkah kedua yang perlu Anda lakukan untuk membersihkan kipas angin adalah dengan mempersiapkan peralatan pendukungnya. Peralatan tersebut meliputi obeng, kain lap, sabun pencuci cair, spon, serta kuas cat untuk membersihkan sela-sela pada bagian jaring dan kipas angin.

3. Buka Komponen Penutup Kipas Angin

Setelah mempersiapkan perlengkapan pendukung, Anda bisa membuka komponen penutup kipas angin. Caranya tidak susah, kok!

Karena sifatnya yang mudah dilepas, Anda bisa membuka penutupnya dengan menggunakan obeng. Langkah ini penting agar Anda bisa membersihkan kipas angin dengan lebih optimal, terutama di bagian baling-balingnya.

4. Cuci Bagian Penutup Kipas Angin

Langkah berikutnya setelah melepaskan penutup kipas angin adalah dengan mencucinya. Untuk mencuci bagian komponen penutup kipas angin, Anda hanya perlu air, spons, serta sabun.

Bersihkan penutup kipas dengan air, lalu gosok dengan spons yang telah diolesi dengan sabun. Kemudian, bilaslah sampai benar-benar bersih dan jemur hingga kering.

5. Bersihkan Juga Baling-baling kipas Angin

Setelah selesai, Anda bisa lanjut membersihkan area kipas angin lainnya, yaitu baling-baling! Bagian baling-baling ini adalah salah satu komponen paling penting untuk dibersihkan, lho.

Tahapan pembersihan baling-baling kipas angin dapat dilakukan dengan melepaskan baling-baling dengan cara mengelap komponen ini sampai bersih. Gunakan kain lap basah untuk melakukannya.

Sesudah itu, pastikan dengan telisi bahwa kondisi baling-baling telah bersih sempurna menggunakan kain kering yang bersih dan steril. Lakukan kembali gerakan mengelap sampai baling-baling benar-benar bersih.

Terakhir, tunggu hingga sisa air pada baling-baling tersebut benar-benar menghilang. Atau, Anda juga bisa menyalakan hair-dryer pada suhu sedang dan dekatkan pada kipas angin.

6. Lap Juga Area Kepala dan Badan Kipas Angin

Setelah sukses membersihkan area penutup serta baling-baling kipas angin. Anda bisa meneruskan proses pembersihan pada area kepala dan badan kipas angin, ya!

Tak bisa dipungkiri bahwa pada kedua area ini, debu dan kotoran juga bisa menempel. Terutama jika Anda memerhatikan bagian sela-sela yang sering luput dari pandangan mata.

Cara membersihkan komponen kipas angin juga tidak rumit. Anda cukup mengambil kain lap basah dan seka kotoran dan debunya. Kemudian, lap lagi dengan kain kering untuk memastikan sisa-sisa airnya telah hilang. Simpel, kan!

7. Terakhir, Pasang dan Rakit Kembali Seluruh Komponen Kipas Angin Ya!

Langkah terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memasang kembali seluruh komponen kipas angin. Langkah ini dapat Anda lakukan apabila seluruh komponen kipas angin telah dalam kondisi bersih dan kering.

Rakit dengan menyambungkan satu per-satu komponen agar utuh seperti sebelumnya. Setelah selesai, Anda bisa menyolokkan kabelnya pada listrik.

Coba nyalakan kembali kipas angin untuk memastikan kipas angin tersebut sudah bekerja dengan performa terbaiknya. Voila!

Bahan-bahan untuk Membersihkan Kipas Angin

Ada berbagai bahan atau peralatan yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kipas angin. Di antaranya:

1. Blower

Sebagai salah satu perangkat udara untuk meningkatkan tekanan udara, Anda bisa memanfaatkan blower untuk membersihkan kipas angin.

Caranya seperti apa? Pertama-tama, angkat dan pindahkan kipas angin terlebih dahulu ke luar ruangan. Kemudian, gunakan blower untuk meniup debu dan kotoran yang menempel pada kipas angin.

Tapi perlu diingat, bahwa cara membersihkan kipas angin ini mungkin kurang efektif apabila debunya sudah menumpuk atau menebal, ya!

2. Campuran Larutan Cuka, Baking Soda, dan Sabun

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan campuran larutan dari cuka, baking soda, dan sabun. Detailnya adalah campurkan 1/2 gelas cuka, 3 sdm baking soda, dan 2 sdm sabun cuci piring, kemudian masukkan dalam botol semprotan.

Setelah itu, Anda bisa mengocok botol semprotan agar cairannya merata. Lalu, tinggal semprotkan pada area kipas angin yang berdebu.

Kemudian, masukkan kipas angin ke dalam plastik dan nyalakan lagi dengan kecepatan tinggi dalam durasi lima menit. Dengan begitu, otomatis debu akan terlepas dari kipas!

3. Garam atau Pasir

Tahukah bahwa Anda dapat menggunakan garam atau pasir untuk cara membersihkan kipas angin? Tanpa perlu dibongkar, Anda bisa membersihkan debu dan kotoran yang menempel di area baling-baling kipas.

Caranya adalah dengan mengambil selembar kertas, lalu letakkan kipas angin di atasnya. Taburkan garam atau pasir yang bersih dan kering di atasnya. Setelahnya, Anda bisa menyalakan kipas selama beberapa menit.

4. Hair Dryer

Alat untuk membersihkan kipas angin yang selanjutnya adalah hair dryer! Mirip-mirip dengan cara pembersihan blower, Anda dapat mendorong debu atau kotoran pada kipas angin.

Cara membersihkan kipas angin dengan alat pengering rambut ini dapat dilakukan tanpa perlu membongkarnya. Sedikit catatan, jangan lupa untuk memberikan jarak sekitar 12 – 25 cm antara hair dryer dengan baling-baling kipas, ya!

Kemudian, setel juga suhu paling dingin dari hair dryer untuk menggunakannya sebagai alat pembersih kipas angin.

5. Vacuum Cleaner

Sebagai alat penyedot debu, Anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner sebagai cara membersihkan kipas angin. Anda bisa menghisap kotoran atau debu dari kipas angin dengan mudah.

Cukup angkat dan bawa kipas ke tempat terbuka, kemudian lakukan proses pembersihan dengan vacuum cleaner dari dalam bagian kipas.

Itu dia artikel lengkap yang membahas cara membersihkan kipas angin dengan mudah dan bisa dicoba di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru