12 Cara Membasmi Kutu Kasur dan Telurnya, Paling Ampuh!

cara membasmi kutu kasur

Kutu kasur (bed bugs) atau sering juga disebut kutu busuk adalah serangga kecil berwarna coklat kemerahan dan berbentuk oval yang hidup dengan menghisap darah manusia dan hewan berdarah panas lainnya.

Kehadiran kutu kasur di rumah, utamanya di kamar tentu dapat mengganggu tidur Anda. Sebab, gigitan kutu kasur dapat menimbulkan rasa gatal, iritasi kulit, dan bahkan reaksi alergi pada beberapa orang, yang pada akhirnya dapat memicu penurunan kualitas tidur. Oleh karena itu, cara membasmi kutu kasur dan telurnya perlu dilakukan.

Ini bukan hanya untuk mematikan kutu kasur, tapi juga untuk mencegah penyebaran ke area lain di rumah, seperti sofa, karpet, dan perabotan lainnya. Lalu, bagaimana cara membasmi kutu kasur yang ampuh dan aman? Cari tahu jawabannya berikut ini!

Cara Membasmi Kutu Kasur Paling Efektif

Sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan kutu kasur di rumah tapi masih kurang ampuh? Pastikan Anda telah mencoba beberapa cara menghilangkan kutu kasur paling efektif berikut ini, ya!

Cek juga produk vacuum cleaner dengan daya isap tinggi di sini!

1. Semprotkan Cairan Insektisida

cara menghilangkan kutu kasur dan telurnya

Unsplash.com

Cairan insektisida merupakan salah satu cara menghilangkan kutu kasur dan telurnya yang dianggap paling efektif.

Gunakan cairan insektisida yang diformulasikan khusus untuk membunuh kutu kasur, biasanya mengandung bahan aktif seperti pyrethrins dan pyrethroids, pyrroles, neonicotinoid, atau desiccants.

Semprotkan cairan insektisida pada area-area yang sering menjadi tempat persembunyian kutu kasur, seperti lipatan kasur, celah-celah di tempat tidur, dan perabotan sekitar kasur. Setelah penyemprotan, pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik untuk memastikan tidak ada residu insektisida yang terhirup.

2. Jemur Kasur di Bawah Sinar Matahari

Kutu kasur diketahui sangat sensitif terhadap suhu tinggi, sehingga menjemur kasur di bawah sinar matahari dapat menjadi salah satu cara membasmi kutu kasur secara alami hingga ke telurnya.

Jemurlah kasur di bawah sinar matahari langsung selama beberapa jam. Usahakan untuk membalikkan kasur secara berkala agar semua sisi terkena sinar matahari.

Metode ini juga bisa membantu mengurangi kelembaban kasur, yang merupakan kondisi ideal bagi kutu kasur, bakteri, dan jamur untuk berkembang biak. Selain itu, cara ini juga bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap pada kasur Anda.

Miliki produk vacuum cleaner anti tungau untuk kasur Anda!

3. Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Kutu kasur merupakan serangga yang lebih menyukai tempat gelap, lembap, dan kotor. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan kasur, sofa, karpet, dan perabotan lainnya di rumah secara rutin.

Sebelum dibersihkan menggunakan vacuum cleaner, sebaiknya sikat terlebih dahulu lapisan kasur dan perabotan lain menggunakan sikat berbahan kaku agar kutu dan telurnya dapat terlepas.

Jika sudah, sedot menggunakan vacuum cleaner secara menyeluruh hingga ke area di sekitar tempat tidur dan area lainnya yang Anda curigai sebagai tempat bersarangnya kutu kasur. Gunakan vacuum cleaner dengan daya isap kuat untuk menyedot kutu, telur, dan kotorannya dari kasur. Cek produknya di sini!

Anda juga bisa temukan produk UV vacuum matras anti tungau dan bakteri di sini!

4. Cuci Peralatan Tidur dengan Air Panas

cara membasmi kutu kasur secara alami

Pixabay.com

Mencuci peralatan tidur, seperti sprei, selimut, dan sarung bantal secara rutin dengan air panas adalah salah satu cara menghilangkan kutu kasur dengan cepat yang cukup efektif. Pastikan Anda mencucinya dengan suhu air setidaknya 60 derajat Celcius agar kutu beserta telurnya benar-benar mati.

Setelah itu, keringkan di bawah sinar matahari atau menggunakan pengering dengan suhu tinggi untuk memastikan tidak ada kutu yang bertahan.

Selain itu, penting juga untuk rajin menjaga kebersihan tempat tidur. Jika Anda terlalu sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk bersih-bersih kamar tidur dan ruangan lainnya, penggunaan robot vacuum cleaner bisa menjadi solusi praktis dan cerdas. Cek produknya di sini!

5. Gunakan Kapur Barus dan Gel Silika

Kapur barus dan gel silika dapat digunakan sebagai cara membasmi kutu kasur secara alami. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki sifat yang tidak disukai oleh kutu.

Kapur barus mengeluarkan aroma yang tajam dan tidak disukai oleh kutu kasur, sedangkan gel silika dapat menyerap kelembapan di sekitarnya. Ini berarti penggunaan kedua bahan ini dapat menciptakan lingkungan yang tidak disukai oleh kutu kasur dan mencegahnya berkembang biak.

Letakkan kapur barus dan gel silika di sekitar area tempat tidur, di dalam lemari pakaian, atau di dalam koper untuk mencegah penyebaran kutu kasur.

6. Taburkan Baking Soda

Baking soda memiliki kemampuan menyerap kelembapan yang tinggi. Di sisi lain, kutu busuk membutuhkan kelembapan untuk bertahan hidup. Oleh karena itulah, baking soda dianggap dapat membantu mengeringkan lingkungan sekitar yang membuatnya kurang ideal bagi kutu untuk bertahan hidup.

Selain itu, baking soda juga dianggap bisa mengeringkan lapisan luar kutu kasur, yang mungkin dapat melemahkan atau bahkan mematikan mereka.

Cara penggunaannya, taburkan baking soda secara merata di seluruh permukaan kasur, terutama pada area yang dicurigai sebagai sarangnya. Biarkan selama beberapa jam, lalu bersihkan baking soda menggunakan vacuum cleaner. Ulangi proses ini secara berkala untuk memastikan kutu kasur tidak kembali.

Temukan produk UV vacuum matras di sini untuk pembersihan kasur yang lebih optimal.

7. Semprotkan Cuka

cara menghilangkan kutu busuk secara tradisional

thespruce.com

Cuka, terutama cuka putih sering disebut sebagai solusi alami untuk mengendalikan berbagai jenis serangga, termasuk kutu kasur. Cuka sendiri memiliki aroma yang kuat dan menyengat yang dipercaya dapat membuat kutu kasur tidak nyaman, sehingga akan meninggalkan area tersebut.

Cara membasmi kutu kasur menggunakan cuka yaitu, cukup semprotkan cuka ke kasur, sofa, karpet, atau perabotan lainnya yang dicurigai menjadi tempat bersarangnya kutu kasur. Di sini, Anda tidak perlu menambahkan air ke larutan cuka.

Cek juga produk bagless vacuum cleaner untuk membersihkan perabotan rumah dengan mudah.

8. Semprotkan Minyak Esensial

Jika Anda menginginkan cara membasmi kutu kasur secara alami tanpa meninggalkan bau tidak sedap, minyak esensial bisa jadi solusinya. Minyak esensial, seperti tea tree, peppermint, atau lavender, memiliki sifat alami yang dapat mengusir serangga.

Anda dapat menyemprotkan minyak esensial yang telah dicampur air ke kasur, bantal, karpet, sofa, dan sekitar tempat tidur. Selain membantu mengusir kutu busuk, minyak esensial juga dapat memberikan aroma yang menyegarkan di kamar tidur Anda.

Temukan produk Electrolux vacuum cleaner 2 tabung untuk membantu menjaga kebersihan kamar Anda.

9. Semprotkan Air Garam

Air garam adalah solusi sederhana dan mudah yang dapat membantu membasmi kutu kasur. Garam dianggap memiliki sifat dehidrasi yang dapat menyerap kelembapan, di mana tanpa hal ini maka kutu kasur tidak bisa bertahan hidup.

Cara menghilangkan kutu kasur dengan garam yaitu, campurkan garam dapur dengan air dan aduk hingga garam larut sepenuhnya. Semprotkan larutan ini secara merata pada kasur, celah-celah di sekitar tempat tidur, bantal, dan area lain yang mungkin menjadi sarang kutu.

10. Perbaiki Tembok atau Lantai yang Retak

cara membasmi kutu kasur dan telurnya

Pixabay.com

Kutu kasur cenderung mencari tempat persembunyian yang gelap, sempit, dan terlindung seperti retakan di tembok, lantai, dan area sekitarnya.

Dengan memperbaiki retakan, berarti Anda menghilangkan salah satu tempat persembunyian utama mereka, sehingga mengurangi jumlah tempat bagi kutu kasur untuk bersembunyi dan berkembang biak.

Cek produk vacuum cleaner 2in1 untuk menjaga kebersihan lantai rumah Anda dari jenis serangga lainnya!

11. Gunakan Steamer Pakaian

Uap yang dihasilkan oleh steamer pakaian biasanya memiliki suhu yang cukup tinggi, yang dianggap mampu untuk membunuh kutu kasur dan telurnya.

Selain itu, uap panas dari steamer juga dapat menembus ke dalam celah-celah, lipatan kasur, dan tempat-tempat sulit terjangkau lainnya yang sering menjadi tempat persembunyian kutu.

Sebelum melakukan cara membasmi kutu kasur dan telurnya menggunakan steamer, pastikan untuk membersihkan kasur dan area sekitarnya dari debu dan kotoran. Temukan produk vacuum cleaner portable di sini untuk membersihkan hingga ke celah-celah.

Kemudian, arahkan steamer pada kasur, bantal, headboard, dan area lainnya yang mungkin menjadi tempat persembunyian kutu. Gerakkan steamer perlahan-lahan agar uap panas memiliki cukup waktu untuk menembus dan membunuh kutu kasur serta telurnya.

12. Gunakan Sarung Kasur

cara membasmi kutu busuk

Qehomelinens.com

Menggunakan sarung kasur atau encasement dapat mencegah kutu kasur menyebar ke area lainnya, serta mengisolasi mereka agar tidak bisa keluar untuk mencari makan yang akhirnya bisa membuat kutu mati kelaparan.

Namun, karena kutu kasur dewasa dapat bertahan tanpa makan selama beberapa bulan, jadi pastikan Anda tetap menggunakan sarung kasur tersebut selama minimal satu tahun.

Pilih sarung kasur yang berbahan anti air atau woven yang kokoh dan memiliki ritsleting rapat untuk memastikan kutu kasur tidak bisa keluar.

Itulah beberapa tips cara membasmi kutu kasur dan telurnya yang ampuh dan mudah. Jika Anda membutuhkan perlengkapan kebersihan rumah untuk mencegah datangnya kutu kasur dan serangga lainnya, Renos.id bisa menjadi solusinya!

Renos.id adalah marketplace online yang menyediakan berbagai produk dan jasa kebutuhan rumah yang berkualitas dengan harga kompetitif. Cek website Renos.id sekarang!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru