Cara Memasang Gas Portable yang Aman dan Benar

cara memasang gas portable yang aman

Menggunakan kompor gas portable saat berkemah atau memasak di luar ruangan memang dapat menjadi solusi praktis. Namun, masih banyak orang yang merasa ragu atau takut saat harus memasang gas portable sendiri. Bukan tanpa alasan, risiko seperti kebocoran gas hingga kecelakaan serius menjadi faktor utamanya.

Oleh karena itu, memahami cara memasang gas portable dengan aman sangatlah penting. Dengan mengikuti panduan yang tepat, Anda tidak hanya menjaga keamanan diri dan orang di sekitar, tetapi juga memastikan kompor berfungsi secara optimal. 

Lalu, bagaimana cara pasang gas portable yang benar dan aman? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Memasang Gas Portable dengan Aman

Agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan, simak langkah cara memasang gas portable yang aman berikut ini.

1. Siapkan Kompor dan Gas Portable

cara memasang tabung gas portable yang benar

Pinterestcom

Langkah pertama cara memasang gas portable dengan aman, yaitu siapkan kompor dan gas portable yang akan digunakan. Selain itu, pastikan juga beberapa poin keselamatan berikut ini:

  • Pastikan tabung gas portable dalam kondisi baik dan tidak ada tanda-tanda kerusakan, seperti penyok besar, tusukan, lubang, atau kebocoran.
  • Hindari penggunaan tabung gas portable yang diisi ulang.
  • Pastikan kompor dalam kondisi baik dan tidak ada kerusakan.
  • Jauhkan dari bahan mudah terbakar atau sumber api terbuka.
  • Letakkan kompor di permukaan datar.
  • Gunakan di ruangan terbuka yang memiliki ventilasi udara memadai.

2. Buka Penutup Tempat Pemasangan Tabung Gas

Kompor portable biasanya dilengkapi dengan penutup di bagian untuk menyimpan tabung gas, biasanya terletak di sisi sebelah kanan. Buka penutup ini dengan hati-hati.

Sebelum memasang tabung gas, periksa area tempat tabung gas dipasang dan pastikan tidak ada kotoran atau benda yang menghalangi. Jika perlu, Anda juga bisa membersihkannya dari debu atau cipratan minyak dari penggunaan sebelumnya.

3. Pastikan Tuas Pengunci Tabung di Posisi Unlock

Sebelum memasang tabung gas, pastikan tuas pengunci tabung berada dalam posisi “unlock”. Ini untuk memastikan bahwa isi gas tidak akan langsung keluar saat tabung dipasang ke pipa kompor.

Sebaliknya, jika tuas pengunci berada di posisi “lock”, gas bisa keluar tanpa terkendali, yang berisiko menyebabkan kebakaran. Oleh karena itu, ini merupakan langkah penting yang harus Anda perhatikan dalam melakukan cara memasang gas portable dengan aman.

4. Pasang Tabung Gas Portable

cara pasang gas portable dengan aman

Pinterest.com

Setelah memastikan tuas pengunci dalam posisi “unlock”, kini Anda bisa memasang tabung gas portable. Perhatikan baik-baik posisi pemasangan tabung, biasanya ada klep pada kompor portable yang harus terpasang sesuai dengan celah klep pada tabung gas.

Jangan memaksa jika tabung gas tidak bisa disambungkan ke pipa kompor dengan mudah, periksa kembali apakah posisinya benar.

5. Tekan Tuas Pengunci Tabung Gas ke Posisi Lock

Langkah cara memasang gas portable berikutnya, yaitu tekan tuas pengunci ke posisi “lock”. Dengan begitu, maka tabung gas akan terkunci dengan aman dan tidak bergerak atau bergeser selama digunakan.

Pastikan tuas terkunci dengan benar agar tidak terjadi kebocoran gas.

6. Hidupkan Kompor Portable

bagaimana cara memakai gas portable

Pinterest.com

Setelah tabung terpasang dengan aman, Anda bisa mulai menyalakan kompor. Putar knop pengaturan gas secara perlahan untuk membuka aliran gas ke kompor, sehingga gas bisa mengalir ke burner (area pembakaran).

Beberapa kompor portable dilengkapi dengan pemantik api otomatis, jadi cukup putar knop untuk menyalakannya. Namun, jika tidak ada, Anda bisa menggunakan korek api atau alat pemantik api kompor.

7. Lepaskan Tabung Gas Setelah Pemakaian

Setelah selesai menggunakan kompor, pastikan untuk mematikan kompor secara keseluruhan. Mulai dari memutar knop gas ke posisi off dan melepas tabung gas dari kompor.

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kebocoran gas jika kompor tidak digunakan dalam waktu lama. Simpanlah tabung gas di tempat yang sejuk, tidak terkena sinar matahari langsung, dan jauh dari sumber panas lainnya untuk menjaga keamanannya.

8. Keluarkan Sisa Gas

Setelah kompor digunakan dan tabung gas dilepas, mungkin ada sedikit sisa gas yang masih tertinggal di dalamnya. Oleh karena itu, agar semakin aman, Anda bisa mengeluarkan sisa gas tersebut dari kompor.

Caranya, putar knop ke arah on dan diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, putar kembali knop kompor ke arah off. Simpan kembali kompor portable pada tempatnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara pasang gas portable di atas, Anda dapat meminimalisir risiko kebocoran gas atau ledakan yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang di sekitar.

Selain memperhatikan cara pemasangan, memilih kompor yang bagus dan berkualitas juga memegang peran penting. Jika Anda sedang mencari kompor portable terbaik, berikut beberapa rekomendasi yang bisa dipertimbangkan:

Anda bisa temukan berbagai produk kompor portable berkualitas dengan harga kompetitif di atas hanya di Renos.id. Segera kunjungi website Renos.id sekarang!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru