Cara Efektif Mengusir Nyamuk, Ada Cara Alami dan Pakai HP!

cara efektif mengusir nyamuk

Cara efektif mengusir nyamuk di rumah sebenarnya dapat Anda lakukan dengan mudah. Ada cara mengusir nyamuk secara alami maupun dengan cara canggih menggunakan teknologi HP.

Ingin tahu seperti apa cara mengusir nyamuk di kamar atau ruangan lainnya di rumah? Temukan jawaban lengkapnya dalam uraian berikut ini!

Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami 

Ada beberapa cara mengusir nyamuk secara alami yang dapat dilakukan di rumah. Apa saja? Simak di sini!

1. Minyak Kayu Manis

Cara mengusir nyamuk di kamar secara alami dapat dilakukan menggunakan minyak kayu manis. Trik ini efektif untuk mengusir serangga dan nyamuk Aedes aegypti.

Kandungan senyawa kayu manis terdiri dari senyawa cinnamyl acetate, cinnamaldehyde, dan anethole. Kandungan-kandungan tersebut dianggap efektif membasmi telur nyamuk.

Bagaimana cara menggunakannya? Campurkan 120 ml air dengan 24 tetes (1/4 sendok teh) minyak kayu manis, kemudian semprotkan larutan minyak kayu manis ke sekeliling area rumah, pakaian, barang, hingga tanaman.

2. Minyak Serai Wangi

Ada juga minyak serai wangi atau yang juga disebut dengan minyak citronella. Efektivitasnya cukup unggul dalam mencegah gigitan nyamuk, lho!

Anda bisa mengoleskan minyak serai wangi langsung ke kulit. Gunanya adalah untuk memproteksi kulit dari gigitan nyamuk hingga 2 jam. Tambahkan minyak sesuai kebutuhan.

3. Minyak Kedelai

Cara mengusir nyamuk secara alami yang berikutnya adalah memakai minyak kedelai. Minyak ini juga terbukti efektif untuk mencegah gigitan nyamuk, lho! Khususnya untuk nyamuk Anopheles.

Adan bisa menggunakan minyak kedelai untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk. Atau,  mencampurkan minyak kedelai ke dalam minyak serai, lalu semprotkan ke seisi rumah.

4. Minyak Lemon Eukaliptus

Berikutnya, Anda bisa menggunakan minyak lemon eukaliptus. Pasti Anda sudah tidak asing dengan jenis minyak ini, kan?

Minyak lemon eukaliptus dapat digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk dengan lebih tahan lama, yaitu kisaran 3 jam. Namun, sebagai catatan, minyak lemon eukaliptus tidak boleh digunakan pada anak berusia di bawah 3 tahun, ya!

5. Bunga Marigold

Karena nyamuk tidak suka aroma yang menyengat, Anda bisa menggunakan beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk. Contohnya adalah bunga marigold.

Letakkan tanaman tersebut di halaman rumah atau di dalam rumah pada tempat terbuka. Mau coba?

6. Bawang Putih

Bawang putih juga salah satu jenis tanaman yang aromanya kuat. Penggunaan bawang putih sebagai cara mengusir nyamuk di rumah cukup mudah.

Anda bisa mengupas dan memotong beberapa siung bawang. Lalu, meletakkannya putih di sudut ruangan yang sering menjadi sarang nyamuk.

7. Serai

Seperti yang telah disinggung di atas, serai mengeluarkan aroma menyengat yang dapat menjadi cara efektif mengusir nyamuk.

Tanaman serai memiliki kandungan geraniol, metilheptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan sitronela. Untuk pemanfaatannya, Anda bisa meletakkan beberapa batang serai di sudut rumah.

Atau, bisa juga menghaluskan serai dan campuran air. Lalu, gunakan sebagai semprotan pengusir nyamuk. 

8. Kulit Jeruk

Tahukah Anda bahwa kulit jeruk juga punya aroma menyengat yang dapat mengganggu nyamuk? Anda dapat menggunakan kulit jeruk sebagai pengusir nyamuk dengan mengupas jeruk dan mengambil kulit jeruknya saja.

Kemudian, letakkan potongan kulit jeruk tersebut di beberapa sudut ruangan. Simpel banget!

9. Daun Mint

Kebanyakan nyamuk tidak menyukai aroma daun mint. Karena itu, tanaman mint juga dapat digunakan sebagai cara alami mengusir nyamuk.

Anda bisa menanam daun mint di halaman atau pot dalam rumah. Atau, juga bisa merebusnya untuk menjadi bahan semprotan pengusir nyamuk.

10. Bubuk Kopi

Ada juga bahan bubuk kopi untuk mengusir serta membunuh nyamuk beserta jentik-jentiknya.

Khusus proses membunuh jentik nyamuk, Anda bisa menaburkan bubuk kopi di genangan air. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bubuk kopi untuk mengusir nyamuk dengan cara meletakkannya  di tempat yang sering dihinggapi nyamuk atau dibakar langsung.

11. Kemangi

Cara mengusir nyamuk secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan kemangi. Karena aromanya juga menyengat, kemangi juga populer dengan keampuhannya menangkal serangga termasuk nyamuk dan jentik-jentiknya.

Bagaimana cara menggunakannya? Pertama-tama rebus kemangi, lalu ambil airnya sebagai pembasmi nyamuk. Alternatif lainnya, Anda bisa memilih minyak esensial kemangi untuk digunakan sebagai pengusir nyamuk di rumah.

Cara Mengusir Nyamuk dengan HP, Canggih Banget!

Selain cara mengusir nyamuk secara alami, cara mengusir nyamuk di kamar juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

Seperti apa cara mengusir nyamuk dengan HP? Simak di sini!

1. Anti Fly Sound

Cara mengusir nyamuk dengan HP bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Anti Fly Sound. Untuk penggunaannya, Anda bisa mengatur sendiri besaran frekuensi suaranya, kisarannya adalah 15.000 Hz hingga 20.000 Hz.

Mengapa aplikasi ini dipercaya dapat menjadi cara mengusir nyamuk di kamar? Alasannya karena suara dari aplikasi ini bisa membuat nyamuk tidak nyaman saat berada pada frekuensi suara tertentu. Tak hanya nyamuk, Anti Fly Sound juga diklaim bisa mengusir serangga lain, seperti lalat.

2. Mosquito Sound

Ada juga aplikasi Mosquito Sound! Cara mengusir nyamuk dengan HP yang kedua ini juga dilakukan dengan frekuensi suaranya. Besaran frekuensi dari Mosquito Sound disarankan ada dalam kisaran 17.400 Hz sampai 20.000 Hz. 

Bagaimana cara menggunakannya? Cukup sederhana! Cukup menekan tombol on atau off untuk mengaktifkannya.

3. Sonic Attack

Cara mengusir nyamuk dengan HP yang ketiga adalah menggunakan Sonic Attack. Aplikasi ini bisa mengeluarkan frekuensi suara khusus untuk mengusir nyamuk.

Anda juga bisa mengunduhnya secara bebas. Gampang diakses!

4. Frequency Generator

Di list keempat, ada Frequency Generator Sound Player. Aplikasi ini memungkinkan HP Anda menghasilkan gelombang suara yang bisa diatur dengan bebas. Berapa rentang suara yang bisa Anda coba? Ada dalam kisaran 1Hz dan 22000Hz.

Oh iya, aplikasi ini gak cuma jadi aplikasi pengusir nyamuk saja, lho! Ada manfaat-manfaat lainnya, mulai dari menguji suara speaker dan mengetahui suara yang dihasilkan jika menggunakan frekuensi berbeda.

5. Anti Mosquito Repellent Sound

Cara mengusir nyamuk di kamar menggunakan HP juga bisa dilakukan dengan memakai aplikasi Anti Mosquito Repellent Sound.

Anda cukup mengunduh aplikasinya, lalu mengusir nyamuk dengan frekuensi rendah.  Rating aplikasi ini cukup tinggi! Jadi, Anda bisa mencobanya tanpa khawatir.

6. Sonic Mosquito Repellent

Cara mengusir nyamuk dengan HP yang selanjutnya adalah dengan mengunduh Sonic Mosquito Repellent. Terdapat beberapa pilihan frekuensi suara yang bisa dicoba, yaitu 8kHz, 10kHz, 12kHz, 14kHz, 15kHz.

Untuk mengetahui yang mana yang paling efektif mengusir nyamuk di kamar, Anda bisa mencobanya satu per satu. Selain itu, ada 2 fitur pada aplikasi ini, yakni untuk mengakses alat pemutar suara dan ultrasound frekuensi rendah.

Pada fitur pertama, pilih frekuensi suara nyamuk yang diinginkan atau Anda butuhkan. Lalu, di fitur kedua Anda bisa mengakses tombol untuk menghidupkan dan menghentikannya.

7. Ultrasound Barrier

Terakhir, ada juga aplikasi Ultrasound Barrier. Aplikasi ini bisa diakses dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

Poin plus dari aplikasi Ultrasound Barrier gak cuma bermanfaat untuk mengusir nyamuk saja, tetapi juga bisa mengusir hewan lainnya. Contohnya, mengusir kecoa, lalat, dan jenis serangga lainnya yang bisa mendengar frekuensi suara yang sama. Menarik!

Demikian beberapa cara efektif mengusir nyamuk. Kira-kira, dari rangkaian cara mengusir nyamuk secara alami dan cara mengusir nyamuk dengan HP, cara mana yang paling ingin Anda coba?

Terima kasih telah membaca artikel ini hingga selesai. Yuk telusuri blog kami untuk dapatkan informasi lainnya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru