10 Cara Mengusir Laba-Laba di Rumah, Solusi Ampuh dan Mudah!

cara menghilangkan laba laba

Laba-laba di rumah bisa menjadi tamu tak diundang yang mengganggu kenyamanan. Meskipun serangga ini tidak selalu berbahaya, tapi kehadiran laba-laba dapat membuat rumah terasa kurang bersih dan menimbulkan rasa tidak nyaman, terutama bagi Anda yang memiliki arachnophobia.

Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika begitu, maka cara mengusir laba-laba di rumah adalah solusinya yang bisa dilakukan. Untuk melakukannya, ada berbagai cara membasmi laba-laba secara alami tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya yang dikenal ampuh dan mudah.

Lalu, apa sajakah itu? Yuk, simak informasi selengkapnya terkait cara mengusir laba-laba di kamar tidur, kamar mandi, dan ruangan lainnya di rumah berikut ini.

Cara Mengusir Laba-Laba di Rumah dan Mencegahnya Datang Kembali

Tidak perlu pakai bahan kimia yang dapat membahayakan anak atau hewan peliharaan di rumah, berikut beberapa cara mengusir laba-laba secara alami di rumah.

1. Semprotkan Minyak Esensial Peppermint

cara mengusir laba laba di kamar

Pixabay.com

Minyak esensial khususnya peppermint memiliki aroma yang sangat kuat dan dipercaya dapat mengganggu indera penciuman laba-laba. Meskipun serangga ini tidak memiliki hidung seperti manusia, tetapi laba-laba memiliki organ sensorik yang peka terhadap bau dan getaran.

Selain itu, minyak peppermint juga mengandung senyawa seperti mentol yang memiliki sifat repellent alami terhadap banyak jenis serangga dan arachnida, termasuk laba-laba.

Anda bisa semprotkan campuran air dan 10-15 tetes minyak peppermint ke sarang atau jaring laba-laba, atau bisa juga di sekitar tempat di mana laba-laba biasanya muncul.

2. Gunakan Perasan Lemon

Air perasan lemon juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengusir laba-laba secara alami. Ini dikarenakan aroma buah lemon yang segar bagi manusia, ternyata justru tidak disukai oleh laba-laba sehingga mereka cenderung akan menjauh dari area yang terkontaminasi bau tersebut.

Aroma lemon yang tajam dianggap dapat mengganggu sistem penciuman laba-laba. Selain itu, sifat asam dari lemon juga dapat mengubah pH lingkungan sekitar dan membuatnya kurang nyaman bagi laba-laba.

Untuk mencoba metode ini, peras beberapa lemon untuk mendapatkan jusnya, lalu campurkan dengan air di dalam botol semprot. Kocok untuk memastikan keduanya tercampur sempurna, kemudian semprotkan larutan ini secara langsung ke laba-laba atau sarangnya.

3. Semprotkan Cuka Putih

Cuka putih merupakan bahan serbaguna yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai pengusir laba-laba. Aroma asam yang kuat dari cuka putih sangat tidak disukai oleh serangga ini, sehingga mereka akan menjauh.

Cara mengusir laba-laba menggunakan cuka putih yaitu, campurkan cuka dengan air ke dalam botol semprot dan kocok. Semprotkan larutan ini ke sarang laba-laba atau sekitar tempat laba-laba suka muncul, seperti sudut ruangan, jendela, dan sebagainya.

4. Lilin Aromaterapi Serai

cara mengusir laba laba besar

Pixabay.com

Lilin aromaterapi dengan aroma serai (citronella) dikenal efektif dalam mengusir berbagai jenis serangga, termasuk laba-laba. Serai memiliki aroma tajam dan khas yang tidak disukai oleh serangga ini.

Selain itu, serai juga mengandung senyawa seperti sitronelal dan geraniol yang memiliki sifat repellent alami terhadap berbagai jenis serangga.

Menyalakan lilin aromaterapi dengan aroma serai di ruangan, dianggap dapat mengusir sekaligus mencegah laba-laba masuk ke dalam rumah. Tak hanya itu, laba-laba juga diketahui tidak menyukai asap, sehingga peran lilin akan sangat membantu dalam mengatasi kemunculan serangga ini.

Metode ini sangat cocok dipilih sebagai cara mengusir laba-laba di kamar mandi, karena selain ampuh untuk membasmi serangga, aroma serai juga dapat memberikan kesegaran pada kamar mandi yang biasanya berbau kurang sedap.

5. Taburkan Bubuk Kayu Manis

Kayu manis tidak hanya populer sebagai bahan rempah masakan saja, tetapi juga dinilai efektif untuk mengusir laba-laba. Aroma khas dan kuat dari kayu manis diketahui tidak disukai oleh laba-laba, sehingga mereka cenderung akan menjauh dari area yang memiliki aroma ini.

Cara penggunaan bubuk kayu manis untuk membasmi laba-laba yaitu, cukup taburkan bubuk kayu manis di sudut, celah, atau area lain yang mungkin menjadi tempat bersarangnya laba-laba.

6. Pakai Perangkap Laba-Laba

Jika Anda sudah mulai terganggu dengan keberadaan laba-laba di rumah, apalagi yang berukuran besar, penggunaan perangkap laba-laba bisa menjadi solusi yang efektif. Perangkap ini biasanya berbentuk lem yang dapat menarik laba-laba dengan umpan, kemudian menjebak mereka di permukaan yang sangat lengket.

Anda dapat meletakkan perangkap ini di tempat-tempat strategis, seperti di bawah perabot, di sudut-sudut sempit ruangan, atau di area lain di mana laba-laba sering muncul. Anda juga bisa menggunakannya sebagai cara mengusir laba-laba di kamar tidur yang praktis dan tidak mengotori lantai.

7. Tanam Tanaman Pengusir Laba-Laba

cara mengusir laba laba di kamar mandi

Pixabay.com

Sering kali laba-laba besar masuk ke dalam rumah yang mungkin menakutkan bagi sebagian orang. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa coba menanam tanaman pengusir laba-laba di sekitar area taman, halaman, atau bahkan di dalam rumah menggunakan pot.

Beberapa jenis tanaman, seperti lavender, mint, dan rosemary diketahui efektif dalam mengusir laba-laba berkat aroma atau zat kimia yang dihasilkan. Selain itu, tanaman ini juga dapat mempercantik rumah dan meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah.

Namun, Anda juga tetap perlu membersihkan area taman dan halaman rumah secara rutin untuk mencegah laba-laba membuat sarangnya di area ini. Cek berbagai produk perlengkapan halaman dan taman di sini!

8. Bersihkan Sarangnya

Meskipun tidak termasuk sebagai cara mengusir laba-laba, tapi membersihkan sarang laba-laba adalah langkah penting untuk mencegah serangga ini kembali. Laba-laba sering kali membangun sarang di sudut-sudut ruangan yang jarang dijangkau, di balik furniture, di langit-langit rumah, atau di area yang jarang dibersihkan.

Dengan rutin membersihkan sarang laba-laba di rumah, Anda tidak hanya menyingkirkan laba-laba yang sudah ada, tetapi juga membuat lingkungan rumah menjadi kurang menarik bagi mereka untuk menetap.

Gunakan sapu atau vacuum cleaner untuk membersihkan sarang atau jaring laba-laba secara menyeluruh, dan pastikan tidak ada area yang terlewat.

9. Rajin Bersihkan Rumah

Kebersihan rumah lagi-lagi menjadi salah satu faktor penting dan utama dalam mencegah datangnya laba-laba dan serangga lainnya ke dalam rumah. Laba-laba diketahui cenderung memilih tempat yang kotor, berdebu, dan berantakan sebagai tempat tinggal mereka.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah dengan rutin menyapu, mengepel, dan membersihkan debu di setiap sudut ruangan sangatlah penting.

Pastikan juga untuk membersihkan area-area tersembunyi seperti di bawah perabotan, di balik lemari, dan tempat-tempat sulit terjangkau lainnya yang jarang terlihat. Semakin bersih rumah Anda, maka semakin sedikit kemungkinan laba-laba merasa nyaman untuk tinggal di tempat tersebut.

10. Gunakan Dehumidifier

cara mengusir laba laba secara alami

southernliving.com

Cara mengusir laba-laba sekaligus mencegahnya datang kembali adalah dengan menggunakan dehumidifier. Laba-laba cenderung menyukai lingkungan yang lembap karena lebih nyaman bagi mereka untuk membangun sarang.

Menggunakan dehumidifier di rumah dapat membantu mengurangi tingkat kelembapan udara, sehingga membuat lingkungan kurang menarik bagi laba-laba. Letakkan dehumidifier di area-area yang cenderung lembap, seperti kamar mandi atau ruangan yang minim ventilasi.

Selain dapat membasmi laba-laba, penggunaan dehumidifier juga dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan menjaga kualitas udara di dalam rumah.

Itulah beberapa cara mengusir laba-laba di rumah sekaligus untuk mencegahnya datang kembali. Perlu diingat, menjaga kebersihan area rumah adalah kunci utama untuk mencegah berbagai jenis serangga lainnya nyaman berada di dalam rumah.

Jika Anda membutuhkan produk pembersih, perabotan rumah tangga, atau bahkan jasa profesional untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan rumah, Renos.id bisa menjadi solusinya. Kunjungi Renos.id sekarang dan temukan berbagai produk dan jasa kebutuhan rumah yang berkualitas dengan harga kompetitif!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru