Berbagai Macam Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin, Apa Saja?

berbagai penyebab kenapa ac tidak dingin

Air Conditioner atau yang disingkat AC adalah sistem pendingin ruangan yang penting keberadaannya di dalam suatu tempat tinggal. Kehadiran AC semakin dibutuhkan jika rumah atau kantor Anda berada di daerah dengan iklim yang panas.

Fungsi dari AC adalah untuk menjaga kesejukan suhu ruangan, sehingga suasana ruangan selalu nyaman. Namun, tak jarang kita menemukan permasalahan AC yang kurang dingin atau tidak mencapai suhu dingin yang normal seperti biasanya.

Ada berbagai macam penyebab kenapa AC tidak dingin, mulai dari freon yang habis atau situasi luar ruangan yang sedang panas. Untuk mengetahui penyebab dan solusi dari permasalahan ini, yuk simak pembahasan lengkapnya dalam artikel berikut!

Pahami Pengertian AC Split

Apa itu AC split? Jenis AC ini banyak ditemukan di rumah, ruko, maupun perkantoran dengan ukuran minimalis. Terdapat dua komponen utama yang terpisah dari AC split, yakni:

1. Unit pendingin AC yang terpasang di dalam ruangan

2. Unit berbentuk kipas untuk membuang panas yang terletak di luar ruangan

Kedua unit ini nantinya akan terhubung melalui selang atau pipa. Jenis AC ini populer untuk digunakan karena harga pemasangan serta biaya perawatannya yang relatif lebih murah dan mudah.

AC split pun terbagi menjadi beberapa macam jenis lagi, di antaranya:

1. AC Low Watt

2. AC Split Standard

3. AC Inverter

Apakah Anda pernah melihat AC split atau justru memakainya di rumah?

Berbagai Macam Penyebab Kenapa AC Tidak Dingin

Apa pun tipe AC yang Anda pasang di rumah, permasalahan AC tidak dingin bisa saja muncul. Ada berbagai macam penyebab kenapa AC tidak dingin, antara lain:

1. Ukuran AC yang Anda Gunakan Tidak Sesuai dengan Ukuran Ruangan

Ada beberapa ukuran AC yang bisa dipilih ketika akan membeli AC, mulai dari ukuran ½ PK, ¾ PK, atau 1 PK. Angka PK yang semakin besar ini juga menunjukkan ukuran AC dan tenaga AC itu sendiri.

Biasanya, ruangan akan terasa panas dan suhu AC tidak terasa terlalu sejuk disebabkan oleh pemilihan AC dengan PK yang terlalu kecil. Atau, dalam kata lain pemilihan ukuran AC yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan.

2. Freon AC Anda Sudah Habis atau Berkurang

Apa itu freon? Freon merupakan salah satu zat yang membuat AC menjadi dingin. Karena itulah, ketika freon AC berkurang atau habis, AC Anda dapat menurun kemampuannya untuk mendinginkan ruangan.

Freon yang berkurang atau habis ini biasanya terjadi karena adanya masalah kebocoran pada pipa sirkulasi AC.

3. Refrigerant atau Freon AC Anda Bocor

Cara refrigerant atau freon bekerja adalah dengan menyerap panas dari dalam ruangan, lalu memindahkannya ke unit luar ruangan AC. Nah, ketika terjadi kebocoran pada sistem ini, maka jumlah refrigerant atau freon bisa berkurang dan memengaruhi kinerja pendinginan AC.

Apabila Anda melihat ada potensi kebocoran pada AC rumah Anda, Anda bisa menghubungi teknisi atau tukang service AC untuk memeriksanya, ya!

4. Filter AC Rumah Anda Sudah Kotor

Apa fungsi dari filter udara AC? Komponen ini pada dasarnya berfungsi untuk memfilter atau menyaring debu dan kotoran dari udara yang masuk ke dalam sistem AC.

Filter AC yang sudah kotor ini menjadi faktor penyebab yang ketiga dari AC yang tidak dingin. Banyaknya kotoran atau debu yang masuk, menumpuk, dan terperangkap di filter AC membuat AC tidak bekerja secara optimal.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda dapat mencuci sendiri filter AC yang telah kotor. Selain itu, Anda dapat memanggil jasa service cuci AC yang bisa dengan mudah ditemukan.

Anda bisa membersihkan atau mengganti filter AC ini secara rutin dan berkala, setidaknya satu atau dua bulan sekali. Frekuensinya tergantung dengan tingkat polusi udara tempat Anda tinggal.

5. Situasi Luar Ruangan yang Memang Panas

Penyebab AC tidak dingin yang berikutnya adalah kondisi suhu matahari yang panas di luar ruangan. Ketika ruangan terpapar oleh panas tersebut, kinerja AC bisa berkurang dan menjadi tidak optimal.

Oleh karena itu, apabila Anda memiliki jendela atau celah di mana matahari bisa masuk ke dalam, Anda bisa menutup jendela tersebut dengan tirai. Terutama jika Anda menyalakan AC di siang hari.

6. Pintu dan Jendela Rumah yang Terbuka Ketika AC Menyala

Supaya mode pendinginan AC tetap bekerja maksimal, Anda perlu memastikan pintu dan jendela rumah dalam kondisi tertutup ketika menyalakan AC.

Mengapa hal ini penting? Sebab, ketika pintu atau jendela ruangan terbuka maka proses pendinginan AC akan melambat. Yang nantinya akan berpengaruh terhadap suhu ruangan yang terasa panas meski AC menyala.

7. Pengaturan Remote AC yang Salah

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa settingan remote AC yang Anda punya telah benar. Contohnya, Anda memasang pengaturan AC pada mode Dry, bukan Cool.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memastikan kipas AC bekerja pada Fan 2, serta mengatur suhu AC mulai dari 20 hingga 22 derajat.

Dalam kasus lain, remote AC yang rusak juga bisa menghambat pengiriman sinyal perubahan suhu ke unit AC Anda, lho!

8. Kondensor AC yang Kotor

Kondensor AC yang berada dalam kondisi kotor menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin yang cukup umum terjadi. Kondensor merujuk kepada bagian dari unit luar AC yang berfungsi untuk membuang panas dari dalam ruangan ke luar ruangan.

Ketika kondensor AC tertutup oleh debu, kotoran, atau sampah, maka kinerja AC dapat terhambat dan harus bekerja lebih keras untuk mencapai suhu dinginnya yang optimal.

Apabila permasalahan ini Anda alami, solusi paling tepat yang bisa dilakukan adalah secara teratur membersihkan kondensor atau menyemprotkan semprotan khusus pembersihnya.

9. Kipas AC atau Fan Motor yang Rusak

Terdapat bagian kipas atau fan AC yang bertugas untuk mengalirkan udara dingin ke dalam ruangan. Ketika komponen ini rusak, kipas atau fan tidak berputar dengan benar, sehingga sirkulasi udara pun terganggu dan membuatnya gagal mencapai suhu dingin yang diinginkan.

Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengganti motor kipas yang rusak dengan kipas baru, ya.

10. Thermostat AC yang Bermasalah

Penyebab kenapa AC tidak dingin yang selanjutnya adalah thermostat AC yang bermasalah. Apakah Anda pernah mendengar soal thermostat sebelumnya?

Thermostat AC adalah komponen yang tugasnya mengatur suhu di dalam ruangan sesuai preferensi melalui sensor. Sensor yang dikirimkan oleh thermostat pada kompresor akan mempengaruhi siklus pendinginan AC. 

Saat ada kendala pada komponen ini, kemungkinan AC tidak menyala atau mati pada suhu yang diinginkan. Sehingga, suhu AC mungkin tidak bisa dingin atau malah dingin terus menerus tanpa henti.

Untuk itu, Anda bisa memeriksa pengaturannya dan memastikan pengaturan suhu AC telah berfungsi dengan semestinya.

11. Kompresor AC dalam Keadaan Rusak

Penyebab berikutnya adalah kompresor AC yang rusak. Tak kalah penting dari komponen lainnya, kompresor AC berperan vital untuk memampatkan cairan pendingin dan mendorongnya melalui kumparan evaporator dan kondensor.

Saat ada masalah pada kompresor, AC tidak akan mampu mendinginkan udara ruangan secara efisien. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan bantuan dari teknisi AC profesional.

12. Banyak Bagian AC yang Rusak

Terakhir, kemungkinan ada banyak komponen AC yang rusak dan menjadi penyebab kenapa AC tidak dingin. Mulai dari kompresor, thermostat, kipas, sampai freon.

Itu dia penjelasan mengenai berbagai macam penyebab kenapa AC tidak dingin. Semoga informasi di atas dapat menjadi petunjuk bagi permasalahan AC rumah Anda.

Temukan artikel informatif nan menarik lainnya pada blog kami. Terima kasih telah membaca!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru