9 Fakta Menarik Kayu Eboni yang Berasal dari Sulawesi

Keanekaragaman tumbuhan di Indonesia memang banyak sekali jenisnya, termasuk kayu di setiap daerahnya. Hampir setiap pulau maupun provinsi mempunyai pepohonan yang khas bahkan tergolong langka. Ini seperti kayu Eboni yang berasal dari daerah Sulawesi yang memiliki ciri khas yang unik.

Eboni memiliki nama latin Diospyros celebica yang tergolong flora endemik dan keberadaannya dilindungi. Kayu ini keberadaannya mulai langka dan dikarenakan harganya yang mahal sehingga banyak diburu. Lalu, apa karakteristik dan manfaat Eboni? Berikut 9 fakta informasinya yang bisa Anda ketahui.

Persebaran Pohon Eboni

Sebelum membahas karakteristik dan manfaatnya, Anda juga perlu mengetahui di mana saja persebaran Eboni. Kayu ini bisa Anda temukan khususnya di daerah Sulawesi, dengan penyebaran terbanyaknya berada di Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.

Karakteristik Pohon Eboni

Ciri khas dari pohon Eboni adalah warna kayunya yang hitam pekat. Warna Eboni juga ada yang merah kehitaman hingga coklat kehitaman. Kayu yang masuk dalam keluarga Ebenaceae ini mempunyai serat yang halus.

pinterest.com

Bagian permukaan kayu ini jika dipegang akan terasa licin. Hal ini juga yang membuat kayu ini banyak dicari, karena tidak memerlukan perlakuan pemolesan dengan mesin. Apalagi selain halus, bentuk seratnya yang mayoritas lurus memudahkan proses pengolahannya.

Kayu Eboni

pinterest.com

Kayu ini tergolong pohon yang bisa tumbuh tinggi. Eboni tingginya bisa mencapai 40 meter dengan diameter kayu sebesar 10 meter. Berat jenis pohon ini rata-ratanya adalah 0.90 hingga 1.05. Pohon ini mempunyai daun berbentuk ujung runcing dan memanjang.

pinterest.com

Daunya berwarna hijau mengkilap dan apabila diraba Anda akan merasakan seperti bulu halus. Perlu Anda ketahui bahwa Eboni adalah pohon yang bisa menghasilkan bunga. Kelopak bunga Eboni memiliki warna putih. Selain bunga, Eboni ini juga menghasilkan buah yang mempunyai warna merah kekuningan.

Manfaat Eboni

Kayu Eboni termasuk dalam daftar pohon langka dan keberadaanya dilindungi. Manfaat dari pohon ini banyak sekali baik untuk furniture hingga bisa bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya, simak detailnya di bawah ini.

Lambang Tradisi Daerah Sulawesi

Manfaat Eboni pertama yang perlu Anda ketahui adalah pohon ini dijadikan lambang perlindungan oleh masyarakat di Sulawesi. Konon cerita tentang pohon Eboni ini berhubungan dengan asal usul kayu ini mempunyai warna kehitaman.

Legenda yang beredar di Sulawesi tentang perang Ramayana membuat Hanuman melakukan pembakaran kota tempat pohon Eboni tumbuh. Karena kejadian ini, Eboni dijadikan lambang tradisi di Sulawesi.

Bagi Kesehatan

Pohon ini dikenal dengan kandungan senyawa aktif antioksidan yang bisa digunakan di bidang kesehatan. Kayu yang memiliki warna hitam ini bisa digunakan sebagai alternatife membantu peredaran darah hingga bisa meredakan sakit jantung.

Tidak hanya pohonnya saja yang mengandung senyawa aktif, daun Eboni juga mempunyai kandungan flavonoid. Senyawa ini bisa dijadikan bahan antimikroba yang bagus. Tentunya hal ini perlu diteliti lebih lanjut agar senyawa baik tersebut bisa dioptimalkan manfaatnya.

Bahan Furniture Berkualitas

Furniture adalah salah satu perabot yang banyak dibutuhkan banyak orang dan bahan pembuatnya berasal dari kayu. Eboni ini kayunya bisa dibuat menjadi beberapa furniture berkualitas. Furniture dengan bahan kayu ini tentu punya harga yang jauh lebih tinggi di pasaran.

Kualitas kayu ini jauh diatas rata-rata karena memang teksturnya alami halus dan bentuk teksturnya unik. Tidak heran bila harga kayu ini bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Souvenir

Ketika membuat furniture pasti terdapat bagian dari sisa-sisa kayu yang digunakan. Potongan kayu tersebut bisa dimanfaatkan untuk kerajinan atau souvenir untuk menghasilkan tambahan pemasukan. Souvenir berbahan kayu ini bisa menarik pembeli karena bahannya saja unik dan berkualitas.

Membuat Patung

Kayu tidak hanya bermanfaat sebagai bahan furniture, tetapi kayu ini juga bisa dijadikan patung. Memahat kayu Eboni ini bisa menghasilkan patung yang berkualitas. Memilih Eboni untuk dijadikan patung juga pilihan yang baik karena kayu ini memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang baik.

Penyangga Rumah

Sama halnya seperti fungsi kayu pada umumnya, Eboni ini juga bisa dimanfaatkan bagi penyangga rumah. Namun, jika Anda tertarik menggunakannya perlu menyiapkan dana yang cukup banyak. Tetapi, itu akan sebanding dengan kualitas kayu yang bisa Anda dapatkan.

Kayu tersebut adalah jenis yang tahan terhadap pelapukan, sehingga kokoh untuk dijadikan penyangga tanpa takut khawatir. Ketahanan kayu ini juga bisa sampai puluhan tahun lamanya.

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru