Bahan PVC, Ini  Kelebihan Dan Kekurangannya

Dalam dunia konstruksi, bahan PVC merupakan jenis material yang sering digunakan. Bahan ini bisa digunakan sebagai material pembuatan plafon rumah, hingga pembuatan pintu kamar mandi. Saat ini, bahan tersebut cukup disukai.

PVC merupakan jenis material yang cukup kuat serta memiliki tekstur yang keras, tetapi bersifat fleksibel. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari material PVC ini yang perlu diketahui. Berikut ini beberapa di antaranya.

 

kelebihan dari bahan pvc dan plafon pvc

Renos.id

Kelebihan Material PVC

Material PVC banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Hal ini dikarenakan PVC memiliki kelebihan. Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh material PVC ini. Kelebihan-kelebihan tersebut diantaranya adalah.

  • Harganya Cenderung Murah

Bahan dasar pembuatan PVC adalah minyak bumi dengan kualitas paling rendah. Oleh karena itu, PVC ini bisa dijual dengan harga yang cukup murah, karena memang berasal dari sisa-sisa produksi minyak bumi untuk pembuatan bahan lainnya.

  • Sifatnya Ringan

Meskipun berasal dari bahan sisa minyak bumi, PVC memiliki kualitas yang cukup bagus. Dengan penambahan plasticizer, membuat material ini bersifat fleksibel. Material ini juga dikenal sangat ringan sehingga cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plafon rumah.

  • Anti Air

Terbuat dari bahan dasar minyak bumi dan dengan penambahan bahan lain seperti plasticizer, membuat PVC menjadi bersifat anti air. Oleh karena itu, PVC juga cocok digunakan sebagai bahan pintu kamar mandi, karena sifatnya yang anti air ini, sehingga tidak mudah diserang rayap.

  • Bersifat Fleksibel

PVC merupakan material yang bersifat fleksibel. Pada dasarnya material ini memiliki tekstur yang kuat dan keras. Meskipun demikian, karena sifatnya yang fleksibel membuat bahan ini bisa dibuat dengan tingkat kekerasan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

  • Pemasangannya Mudah

Karena bersifat ringan, bahan PVC mudah sekali dalam pemasangannya. Misalnya untuk pasangan plafon rumah. Karena ringan, material ini bisa dengan mudah dibawa ke atas tanpa memberikan banyak kesulitan.

  • Perawatan Mudah

PVC juga mudah sekali dalam perawatannya. Untuk membersihkan bahan ini cukup dengan menggunakan spon atau kain halus yang dibasahi dengan air dan deterjen, lalu usap pada bagian yang kotor tersebut.

  • Memiliki Tampilan Yang Elegan

Material PVC memiliki tampilan yang cukup elegan. Penggunaan bahan ini untuk plafon dan pintu kamar mandi, akan membuat hunian terlihat lebih mewah dan elegan. Apalagi bila menggunakan pemilihan warna-warna yang cerah dan menarik.

 

Baca Juga : Rumah Limasan Apa Saja Jenisnya? Simak Di Bawah Ini!

 

Kekurangan Bahan PVC

Renos.id

Selain memiliki banyak kelebihan, material ini juga memiliki beberapa kekurangan.  Kekurangan atau nilai minus dari bahan PVC adalah.

  • Mengandung Klorin

Sesuai dengan namanya, PVC atau polivinil klorida merupakan material yang mengandung klorida. Klorida atau klorin sendiri merupakan bahan kimia yang cukup berbahaya. Oleh karena itu, penggunaan material ini juga harus dilakukan dengan hati-hati.

  • Memiliki Aroma Khas Yang Kurang Sedap

Salah satu kekurangan PVC adalah aromanya yang kurang sedap. Aroma ini sangat khas, dan cukup mengganggu apabila material ini terkena panas. Sebaiknya, hindari bahan ini agar tidak terkena panas karena akan menimbulkan aroma yang kurang enak.

  • Sulit Diperbaiki

Material PVC sulit untuk diperbaiki. Artinya, ketika peralatan atau perabotan yang terbuat dari PVC mengalami kerusakan, maka harus dilakukan penggantian secara keseluruhan. Tentu saja ini juga  merupakan pemborosan.

  • Tidak Bisa Didaur Ulang.

Kekurangan lainnya, material PVC tidak bisa didaur ulang. Sisa-sisa pembuatan bahan ini tidak bisa diolah untuk bahan lain. Limbah dari material ini juga akan mengotori lingkungan karena tidak bisa hancur dalam waktu panjang.

  • Tidak Bisa Dicat

Karena memiliki unsur plastik, PVC tidak bisa dicat. Jadi, apabila menginginkan warna baru pada perabotan yang terbuat dari PVC,  tidak bisa dilakukan pengecatan. Solusinya, tentu saja harus dilakukan penggantian  secara keseluruhan.

  • Bahan Tipis

Material PVC memiliki ketebalan yang cukup tipis. Hal ini akan menimbulkan kesulitan saat pemasangan. Para pekerja harus ekstra hati-hati dalam melakukan pemasangan karena rentan pecah dan sobek, karena bahan ini tidak bisa diperbaiki.

Bahan PVC ini memang sangat populer digunakan terutama di kalangan industri dan rumah tangga. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka pemilihan penggunaan bahan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhannya

Tags:

Artikel Terkait

Artikel Terbaru