10 Bahan Bangunan Penting untuk Diketahui Sebelum Membangun Rumah

bahan bangunan penting

Pembangunan rumah merupakan sebuah perjalanan yang memerlukan perencanaan matang. Salah satu aspek krusial yang mempengaruhi keberhasilan perjalanan tersebut adalah pemilihan bahan bangunan penting.

Pemilihan bahan bangunan yang tepat sangat penting untuk memastikan kekuatan, daya tahan, dan kualitas keseluruhan bangunan. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan kesesuaian faktor seperti iklim, kebutuhan struktural, keamanan, dan efisiensi energi harus dipertimbangkan saat memilih bahan.

Dengan mempertimbangkan semua aspek ini, Anda dapat memastikan bahwa rumah yang dibangun memiliki fondasi yang kokoh dan mampu bertahan dalam berbagai kondisi, sambil tetap efisien secara energi dan sesuai dengan kebutuhan lingkungan sekitar. Karena itu, simak terus artikel berikut, ya!

Bahan-bahan Bangunan Penting

Rumah merupakan memiliki struktur bangunan yang cukup kompleks, karena itu banyak sekali bahan bangunan penting yang dibutuhkan dalam membangun sebuah rumah. Setiap bahan pun memiliki fungsinya masing-masing, tak hanya itu, dari sebuah bahan pun ada yang memiliki varian atau alternatif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran Anda. 

Karena itu diperlukan pemahaman dasar terhadap bahan bangunan penting, agar Anda tidak salah maupun keliru dalam membangun atau merenovasi rumah. Untuk memudahkan Anda berikut sejumlah bahan bangunan penting dasar yang bisa dijadikan referensi, silakan disimak. 

  1. Batu Bata

Pertama dan menjadi salah satu bahan bangunan penting yang paling dasar adalah batu bata yang akan memiliki fungsi sebagai dinding. Batu bata menjadi krusial karena rumah impian Anda pasti akan memiliki ruang-ruang, fungsi batu bata adalah sebagai dinding untuk membentuk ruang-ruang tersebut terpisah dengan ruang-ruang lainnya.

Kini batu bata juga tersedia dengan berbagai tipe, bahkan warna. Sehingga Anda kini dapat memiliki lebih banyak pilihan. Selain menggunakan batu bata, material dinding rumah kini telah berkembang misalnya dengan penggunaan beton, kayu, dan masih banyak lagi. Sesuaikan bahan bangunan penting dengan kebutuhan dan keinginan Anda dalam mewujudkan rumah impian. 

  1. Beton

Penggunaan beton dalam konstruksi merupakan salah satu bahan bangunan penting. Sebab beton merupakan salah satu material yang cukup luwes fungsinya. Beton dapat dimanfaatkan sebagai dinding, pondasi, lantai, kolom, hingga struktur-struktur lainnya. Alasannya, material yang berasal dari campuran semen, air, dan agregat pasir dan kerikil ini bersifat kokoh sehingga dapat diandalkan sebagai bahan untuk membutuhkan kekuatan. 

Beberapa jenis beton pracetak (precast) bahkan saat ini telah dijual dengan harga yang relatif terjangkau untuk dapat dimanfaatkan guna memenuhi kebutuhan rumah tangga, dengan ukuran kecil. Sehingga kini, Anda dapat memanfaatkan beton untuk kebutuhan membangun rumah yang sesuai dengan impian Anda. 

  1. Kayu

Bahan bangunan penting selanjutnya adalah kayu yang juga memiliki fungsi cukup fleksibel mulai dari sebagai rangka rumah, lantai rangka atap hingga ornamen-ornamen dekoratif bagi rumah Anda. Apalagi jika rumah yang Anda impikan bertemakan alam, maka unsur-unsur seperti kayu merupakan bahan bangunan paling penting yang perlu Anda sediakan. 

  1. Logam

Logam terutama seperti besi, baja, maupun stainless steel juga merupakan bahan bangunan penting dalam misi mewujudkan rumah Impian Anda. Besi misalnya dapat digunakan sebagai material pagar rumah, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan desain yang Anda inginkan. 

Logam lain ada baja, terutama baja ringan yang kini menjadi salah satu bahan bangunan paling diminati dalam pembangunan maupun renovasi rumah. Dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan kayu, beton, baja ringan kini populer digunakan sebagai alternatif kebutuhan pondasi rumah, rangka, hingga dinding. Beberapa fungsi dekoratif juga yang dapat dihasilkan dari baja ringan juga makin membuat bahan ini memiliki nilai tambah dibandingkan yang lain. 

  1. Kaca

Sering dilupakan, namun memiliki fungsi yang tak kalah penting dengan bahan bangunan penting lainnya. Kaca merupakan bahan utama untuk kebutuhan pembuatan jendela rumah Anda. Bahan ini berfungsi untuk menjaga sinar matahari dapat masuk ke rumah anda sehingga rumah Anda tidak terasa lembab. 

Tak hanya itu, kaca yang relatif mudah dibentuk dapat memberikan fungsi dekoratif lain bagi tampilan interior rumah Anda. Pilih kaca sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah yang Anda inginkan. 

  1. Genteng

Jika pembahasan sejak tadi fokus kepada bagian bangunan, kini kita beralih ke pembahasan soal atap bangunan yaitu genteng. Paling umum digunakan berasal dari tanah liat, seperti batu bata. Namun genteng kini juga tersedia dari material-material lain seperti baja ringan, beton, sampai logam. Untuk Anda yang mengimpikan rumah bertema alam, dapat pula memanfaatkan material seperti kayu, jerami, sampai bambu sebagai genteng. Pilihlah genteng yang sesuai dengan kebutuhan dan desain yang Anda inginkan. 

  1. Cat dan Pelapis

Selain bahan-bahan untuk konstruksi, bahan bangunan penting lainnya adalah cat dan pelapis. Karena dinding, lantai, hingga area-area lain perlu diberi warna sesuai dengan desain dan rumah Impian Anda. Tak hanya itu, beberapa cat kini juga telah memiliki fitur pelapis anti bocor, anti karat yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi rumah Impian Anda. 

Meski demikian, saat ini juga telah berkembang tren industrial home, alias rumah yang tidak dicat untuk menonjolkan material-material seperti beton dan batu bata di dalam rumah. Nah untuk ini, kamu tentu memerlukan pelapis pelindung, agar material-material tadi tidak merusak struktur bangunan Anda yang justru akan memberikan kerugian lebih besar bagi Anda. 

  1. Perpipaan

Selain bahan-bahan bangunan penting yang utama, Anda juga perlu memperhatikan beberapa bahan penunjang seperti perpipaan. Ini menjadi krusial karena bahan-bahan perpipaan akan sulit diperbaiki jika rumah yang Anda impikan sudah selesai. Karena itu, perlu perencanaan yang matang dan detail dalam menyusun desain perpipaan dalam rumah impian Anda. 

Perhatikan pula kualitas pipa, sambungan, dan desain konstruksi perpipaan pada rumah impian Anda. Jika memang terlalu rumit, Tentu saja Anda dapat memanggil ahli pipa untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan desain dan keinginan Anda.

  1. Kelistrikan

Serupa dengan bahan-bahan perpipaan, aspek kelistrikan dalam sebuah rumah juga menjadi krusial dan sangat penting. Perhatikan betul aspek keamanan, karena salah melakukan instalasi listrik dapat mengakibatkan bencana kebakaran. Anda juga dapat menyusun jaringan listrik sesuai dengan desain dan kebutuhan terhadap listrik pada rumah impian Anda. 

  1.  Bahan Material

Selain daftar yang sudah disebutkan, bahan penting lainnya dalam membangun sebuah bangunan adalah bahan-bahan material dasar seperti pasir, baru split, paku, hingga peralatan-peralatan pendukungnya. Memiliki pengetahuan terhadap bahan-bahan material akan makin memudahkan Anda dalam memilih bahan bangunan penting dalam mewujudkan rumah impian Anda. 

Demikian penjelasan tentang bahan bangunan penting yang perlu Anda ketahui dalam membangun rumah impian Anda. Tentu saja Anda dapat menambahkan memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda secara spesifik. Jangan lupa untuk tetap mengkonsultasikan dengan ahli agar Anda dapat mendapatkan pemahaman lebih baik lagi, semoga artikel ini membantu. 

Artikel Terkait

Artikel Terbaru