Apa Itu Wiremesh? Ketahui Pengertian, Jenis, dan Fungsinya!

apa itu wiremesh

Apakah Anda ingin membangun sebuah hunian atau properti? Maka, ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan dengan cermat. Salah satunya adalah penggunaan bahan-bahan bangunan seperti wiremesh.

Hal ini memiliki dampak signifikan terhadap usia dari hunian yang akan Anda tempati. Sebab, wiremesh sendiri digunakan dalam berbagai aplikasi seperti penguatan beton, hingga pemasangan ubin lantai dan atap. Nah, untuk mendalami lebih lanjut tentang apa itu wiremesh dan fungsinya, simak artikel berikut ini!

Apa Itu Wiremesh?

Memahami spesifikasi bahan yang digunakan dalam konstruksi hunian Anda sangatlah penting. Biasanya, material konstruksi yang biayanya lebih tinggi memiliki daya tahan yang lebih tinggi pula, sehingga cocok untuk penggunaan jangka panjang.

Perlu diingat bahwa kekuatan struktural sebuah bangunan juga merupakan hal terpenting dalam menahan bencana alam seperti gempa bumi. Sehubungan dengan itu, salah satu bahan bangunan paling penting yang mempengaruhi ketahanan struktur bangunan adalah wiremesh.

Apa itu wiremesh? Wiremesh adalah sebuah jaring yang terdiri dari lembaran besi yang dirancang untuk saling berpotongan antara satu sama lain. Bentuknya yang kotak-kotak seperti kawat menyerupai pola anyaman. Karena strukturnya yang unik tersebut membuatnya mendapat julukan “besi anyaman”, yang dibentuk melalui teknik pengelasan untuk memastikan sambungan dan ikatannya terhubung dengan prima.

Besi wiremesh biasanya dipakai sebagai penguat pada pengecoran jalan, lantai bangunan, atau atap rumah. Karenanya, bahan satu ini begitu populer dengan fungsi utamanya untuk memperkuat struktur bangunan.

Fungsi Serta Kegunaan Wiremesh

Di dalam dunia konstruksi, setiap bagian dan elemen pasti mempunyai tujuan dan manfaatnya masing-masing. Sebab, masing-masing elemen itu  saling terkait satu sama lain, serta berkontribusi dalam memperkuat struktur bangunan dan memastikan stabilitasnya.

Begitu pula dengan wiremesh yang mempunyai peran dan fungsi penting. Di bawah ini, terdapat beberapa paparan contoh tentang kegunaan wiremesh:

1. Berfungsi sebagai besi tulangan saluran drainase beton precast

Wiremesh berfungsi untuk memperkuat saluran drainase beton precast. Termasuk parit U pracetak (U Ditch precast), kotak gorong-gorong  (Box Culvert), dan tutup buis beton.

2. Berfungsi sebagai penguat pondasi beton pada struktur bangunan hingga pelat lantai

Wiremesh terbukti sangat efisien ketika dipakai pada bangunan bertingkat karena kemampuannya menahan beban berat yang besar.

3. Berfungsi sebagai pelat beton di permukaan tanah

Wiremesh dapat diterapkan pada pelat beton di permukaan tanah. Fungsinya adalah untuk memperkuat struktur tanah, sehingga memungkinkannya menopang beragam beban berat di atasnya.

4. Berfungsi sebagai pondasi jalan raya dan tol

Wiremesh sering digunakan dalam konstruksi jalan raya dan jalan tol. Mengapa begitu? Sebab, kemampuannya yang luar biasa dalam menahan beban berat secara efektif.

5. Berfungsi sebagai pelat beton yang menggantung

Kegunaan lain wiremesh adalah sebagai pelat beton gantung. Hal ini bermanfaat dalam konstruksi gedung bertingkat atau saluran drainase air hujan.

Karena wiremesh banyak sekali dimanfaatkan penggunaannya dalam berbagai industri, baik industri konstruksi maupun infrastruktur. Selain yang dipaparkan di atas, wiremesh juga dipakai dalam pembuatan dan pembangunan landasan pesawat di bandara, pagar tanaman, dinding penahan, kanal dan kolam renang, serta terowongan.

Ini Keunggulan Pemakaian Wiremesh

Ketika Anda memilih bahan bangunan untuk rumah atau properti, penting untuk selalu memilih yang terbaik dalam penggunaan bahan. Begitu juga dalam pemilihan wiremesh yang memiliki peranan penting dalam pembangunan hunian Anda.

Selain fungsi-fungsi yang disebutkan sebelumnya, berikut adalah keunggulan dari pemakaian wiremesh:

1. Instalasi mudah

Instalasi wiremesh bisa dibilang relatif simpel dan tidak rumit. Proses pengerjaannya sendiri dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat.

Wiremesh dapat dengan mudah digulung, tanpa harus merakitnya lagi dari awal. Hal ini nantinya juga akan berdampak secara signifikan terhadap efektivitas waktu.

2. Harga ekonomis

Wiremesh dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Ini salah satu poin plusnya! Dari segi biaya penggunaan wiremesh memang terbukti jauh lebih ekonomis  karena mengurangi jumlah besi tulangan yang dibutuhkan dalam beton. Yang kemudian juga akan mengurangi biaya keseluruhan.

3. Multifungsi

Di antara bahan konstruksi modern lainnya, wiremesh menonjol karena sifat dan karakteristiknya yang serbaguna. Wiremesh mampu untuk meningkatkan presisi dan kualitas proses tulangan beton yang sedang dibuat.

4. Mudah diawasi instalasinya

Dalam pengerjaannya, wiremesh bisa dilakukan dengan mudah. Sebab itu, tidak membutuhkan perhatian khusus atau monitoring ekstra.

5. Tersedia di mana-mana

Anda bisa menemukan wiremesh dengan mudah! Karena bahan bangunan ini tersedia di berbagai toko material.

6. Mudah untuk dikirim

Wiremesh memiliki keunggulan lain yaitu mudah untuk dikirim. Bentuknya yang berupa gulungan, membuatnya gampang dikirim lewat ekspedisi.

Lain halnya dengan besi beton yang umumnya memiliki panjang hingga 12 meter. Sehingga pengiriman besi beton pun membutuhkan truk dengan ukuran yang besar.

7. Sifatnya kokoh

Wiremesh populer dengan kekuatan, kekokohan, dan daya tahannya.

8. Praktis digunakan

Wiremesh tidak banyak membutuhkan kawat tambahan sebagai pengait.

Mengenal Jenis-jenis Wiremesh

Selanjutnya, Anda perlu memahami jenis dan spesifikasi wiremesh yang dapat membantu ketahanan proyek konstruksi Anda. Berikut terangkum jenis-jenis wiremesh berdasarkan material pembuatan dan proses pembuatannya:

1. Berdasarkan material pembuatan

Tahukah Anda? Wiremesh terdiri dari berbagai kandungan logam. Di antaranya adalah baja karbon tinggi, baja karbon rendah, tembaga, aluminium, dan nikel.

Baja karbon rendah, dengan kandungan karbon 0,30% biasanya, lebih mudah dibentuk, tetapi memiliki kekuatan yang relatif lebih rendah. Di sisi lain, baja karbon tinggi, yang mengandung lebih dari 0,70% karbon, yang punya kekuatan dan kekerasan yang lebih besar, serta menunjukkan kualitas tahan aus dibandingkan dengan baja karbon rendah.

Selain itu, ada juga wiremesh yang dibuat dari campuran tembaga, aluminium, dan nikel. Wiremesh jenis ini tidak hanya memiliki kekuatan pencegahan terhadap karat dan korosi, tetapi juga memiliki daya tahan yang tinggi.

2. Berdasarkan proses pembuatan

Kategori wiremesh lainnya ditinjau berdasarkan proses pembuatannya. Wiremesh terbagi menjadi wiremesh jenis las (welded wiremesh) dan wiremesh jenis anyaman (woven wiremesh). Namun di pasar Indonesia sendiri, yang tersedia hanyalah wiremesh jenis las.

Variasi las dihasilkan dengan menggunakan mesin las bertegangan tinggi (electrical resistance). Proses ini melibatkan penataan baja tulangan, disesuaikan diameter dan panjangnya, untuk membuat baris dan kolom berpotongan.

Pengelasan terjadi pada titik-titik perpotongan ini, memastikan keduanya saling menempel, sehingga menghasilkan panjang dan lebar yang diinginkan untuk setiap kolom dan baris.

Ada banyak metode pengelasan untuk produksi wiremesh, namun pengelasan dengan electrical resistance paling populer karena merupakan teknik yang paling hemat biaya. Setelah pengelasan selesai, terbentuklah lembaran anyaman besi yang datar dan kaku.

Sebaliknya, wiremesh jenis anyaman akan menunjukkan pola anyaman yang beragam variasinya. Dan, tipe anyamannya itu sendiri dapat dibedakan menjadi:

1. Double Weave

Jenis anyaman berkerut, yang biasa digunakan untuk pertambangan serta peternakan.

2. Plain Weave

Jenis anyaman polos yang paling umum ditemukan.

3. Twill Weave

Jenis anyaman yang mirip dengan Plain Weave, tapi bentuknya zig-zag dan menghasilkan anyaman yang kuat.

4. Plain Dutch Weave

Jenis anyaman yang jaringnya rapat dan padat. Umumnya dipakai sebagai filter.

5. Flat Top Weave

jenis anyaman kokoh dengan permukaan rata. Cocok digunakan sebagai elemen arsitektur.

Setelah membaca artikel ini, Anda dapat mengetahui bahwa wiremesh adalah bahan yang esensial dalam bidang konstruksi. Bahan satu ini berperan penting dalam membantu membuat bangunan kokoh dan kuat.

Setelah mengetahui apa itu wiremesh dan cara penggunaannya, semoga ini dapat membantu proses pembangunan hunian atau properti Anda di masa depan. Terima kasih telah membaca!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru