Mengenal Apa Itu PVC, Kelebihan, dan Kekurangannya

Apa itu PVC dan penjelasannya

PVC merupakan bahan yang banyak digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Anda bisa menemukan PVC dengan mudah karena beragam barang berbahan PVC yang digunakan untuk bidang konstruksi, furnitur, fashion, bahkan mainan.

Bahan ini memiliki banyak keunggulan, sehingga cocok diaplikasikan untuk berbagai penggunaan. Yuk, kenali lebih jauh tentang apa itu PVC, serta kelebihan dan kekurangannya dalam artikel di bawah ini!

Apa Itu PVC?

PVC  (Polyvinyl Chloride) atau vinyl, merupakan suatu polimer yang terdiri dari monomer vinil klorida (CH2 = CH-CI). Bahan PVC adalah salah satu bangunan berjenis plastik yang sifatnya ringan, tidak mudah pecah, serta gampang dibentuk. Bahan ini telah banyak digunakan sejak pertengahan abad ke-20 karena segudang keunggulannya

Harganya yang terjangkau membuat penggunaan PVC semakin meluas. Bahan ini pun digunakan untuk memproduksi berbagai macam produk.

Produksi PVC melibatkan proses polimerisasi monomer vinil klorida, khususnya dengan kandungan klorin sebesar 57 persen berdasarkan massa. Dalam kata lain, PVC menggunakan bahan mentah berbasis minyak bumi dalam jumlah paling sedikit dibandingkan bahan lainnya.

Tampilan resin PVC mirip dengan tepung terigu. Tekstur tersebut dihasilkan dari serangkaian langkah pembuatannya.

PVC sendiri sebenarnya tidak dapat dimanfaatkan secara langsung, ia memerlukan pemrosesan dan pencampuran dengan berbagai barang tambahan. Setelah itu, PVC baru bisa diubah menjadi rangkaian produk sehari-hari yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai Kelebihan dari Bahan PVC

Sebagai salah satu bahan bangunan yang populer, PVC memiliki sederet kelebihan. Apa saja keunggulannya?

1. Durabilitasnya Tinggi

Salah satu hal yang menunjang popularitas PVC adalah daya tahannya yang luar biasa. Ia mampu bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan.

Meski ringan, PVC mampu untuk menahan tekanan, lentur, tahan benturan dan korosi. Membuatnya menjadi pilihan ideal untuk keperluan konstruksi, termasuk pipa, panel dinding, dan berbagai komponen bangunan lainnya.

2. Tahan Terhadap Berbagai Zat Kimia, Panas, dan Air

PVC memiliki karakteristik kimia yang memberikannya ketahanan terhadap spektrum bahan kimia yang luas. Contohnya, bahan senyawa industri, pelarut, dan minyak.

PVC juga bersifat tahan panas dan tahan air, lho! Karakteristik tersebut membuat PVC sering diaplikasikan untuk berbagai keperluan industri yang menuntut ketahanan terhadap bahan kimia. Misalnya, pipa saluran air, tangki penyimpanan bahan kimia, dan sebagainya.

3. Kemampuan Isolasi Listrik yang Mumpuni

PVC sangat unggul di bidang kabel dan perangkat listrik karena kapasitasnya yang tinggi sebagai isolator listrik. Atribut ini menjadikannya pilihan utama untuk bahan pelindung kabel dan peralatan listrik. Fungsinya untuk melindungi mereka dari paparan lingkungan dan kontaminan eksternal.

4. Ketersediaannya Luas dan Mudah untuk Diolah

Anda bisa menemukan PVC dengan mudah karena ketersediaannya yang luas. Poin plusnya lagi, PVC juga dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau.

Proses produksi PVC sendiri relatif sederhana. Sifatnya yang mudah dibentuk dengan elastis membuat penggunaannya sangat efisien dan beragam.

Kemudahan pengolahan bahan PVC adalah fleksibilitasnya untuk berbagai produk. Mulai dari furniture, mainan, fashion, sampai peralatan medis.

Kekurangan dari Bahan PVC

PVC memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda pertimbangkan penggunaannya. Berikut beberapa kekurangan PVC:

1. Dampak Lingkungan

Salah satu kelemahan signifikan PVC adalah dampaknya terhadap lingkungan. Residu berupa dioksin yang dihasilkan dari penggunaan klorin pada proses pembuatan PVC adalah alasannya.

Terlebih lagi, ketika PVC dibakar, ia melepaskan gas beracun yang berpotensi membahayakan lingkungan dan berisiko terhadap kesehatan manusia.

2. Sulit Didaur Ulang

Meski saat ini, sudah ada upaya untuk proses daur ulang PVC. Namun, sebenarnya proses daur ulangnya masih sulit dan tergolong mahal.

Karena itu, kita masih bisa menemukan PVC yang berakhir di tempat pembuangan sampah. Hal ini secara tidak langsung juga berdampak buruk terhadap masalah limbah plastik.

3. Mengandung Zat Berbahaya

Beberapa jenis PVC memiliki kandungan bahan tambahan yang berbahaya, seperti phthalates yang dapat berdampak terhadap masalah kesehatan hormonal. Hal ini yang membuat penggunaan produknya perlu diperhatikan.

4. Memiliki Keterbatasan Suhu

Penggunaan PVC pada suhu ekstrem juga perlu diperhatikan, karena bahan ini memiliki batasan suhu tertentu yang dapat ditoleransi. Ketika berhadapan pada suhu yang terlalu ekstrem, PVC menjadi lebih rentan terhadap perubahan fisik dan kehilangan sifatnya.

Simak Beragam Manfaat Bahan PVC

Seperti yang telah disinggung pada poin-poin di atas, PVC merupakan salah satu bahan yang paling sering ditemui dalam rutinitas sehari-hari. Hal itu terjadi karena pemanfaatannya yang sangat luas. Manfaat dari bahan PVC bisa Anda baca di sini:

1. Fashion

Dalam bidang fashion, atribut PVC yang tahan air sering dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti karet atau kulit. Umumnya, PVC digunakan untuk produk-produk waterproof, seperti mantel tahan air, penutup tas atau raincover, dan sebagainya.

2. Pipa Air

PVC juga bisa dengan mudah ditemukan dalam bahan konstruksi, khususnya pipa air. Kontribusinya dapat membantu konservasi energi dan air, karena menjaga pipa bebas bocor. Di sisi lain, PVC juga tahan terhadap korosi dan tekanan lingkungan.

3. Kabel Listrik

Kabel listrik, biasanya terdiri dari serat tembaga yang memerlukan lapisan pelindung. Nah, di sini PVC hadir untuk menjadi pelapis. Gunanya adalah untuk mencegah korsleting listrik akibat paparan air atau api.

4. Mainan Anak

PVC juga umum ditemukan pada mainan anak-anak. Salah satu pertimbangan utamanya adalah keamanannya pada kulit sensitif dan perannya dalam mengurangi potensi keracunan anak akibat zat-zat terkait mainan.

5. Peralatan Olahraga

Daya tahan dan fleksibilitas PVC menjadikannya pilihan populer untuk berbagai peralatan olahraga, khususnya perlengkapan yoga dan gym.

6. Packaging atau Kemasan

PVC sering digunakan dalam membantu pengemasan produk. Contoh pemakaiannya adalah bungkus makanan, tempat obat-obatan, serta kemasan produk perawatan pribadi lainnya.

Cara Membersihkan Produk Berbahan PVC

Ada berbagai cara untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan bahan PVC. Misalnya, jika terdapat noda, larutan sabun lembut seperti sabun cair atau sabun mandi bayi dapat membersihkan produk PVC secara efektif.

Bagaimana proses pembersihannya? Pertama-tama, Anda bisa mengencerkan sabun dalam air, lalu celupkan kain bersih ke dalam larutan tersebut. Usap perlahan bagian produk PVC yang terkena noda sampai seluruh noda hilang.

Sedikit catatan, bahan PVC sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung pada barang-barang PVC dalam waktu lama. Alasannya karena itu bisa membuat barang berbahan PVC menjadi lebih rentan terhadap kerusakan.

Apabila produk PVC  milik Anda basah, segera letakkan produk di tempat yang teduh dan keringkan permukaan yang lembab secara perlahan menggunakan kain kering. Jangan lupa untuk menyimpan barang-barang ini di tempat yang sejuk dan higienis ya agar usia produknya lebih awet dan tahan lama.

Dapat disimpulkan, keunggulan utama dari bahwa bahan PVC adalah karakternya yang sangat bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Dengan membaca artikel di atas, Anda bisa mempelajari apa itu PVC serta karakteristik utamanya.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda mempelajari bahan-bahan bangunan populer seperti PVC. Baca artikel lainnya di blog ini untuk menambah khazanah pengetahuan Anda tentang seluk beluk rumah dan kebutuhannya.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru