Apa Itu Patio? Simak Fungsi serta Inspirasi Desainnya untuk Hunian Anda!

ketahui apa itu patio

Penasaran apa itu patio? Banyak orang yang mengira bahwa patio hanya sebagai teras atau dek halaman. Namun, sebenarnya patio dan teras itu memiliki struktur dan sejarah yang berbeda, lho!

Teras bisa dikatakan sebagai ruang terbuka di pekarangan rumah, yang cocok untuk dimanfaatkan sebagai tempat menikmati alam terbuka. Berbeda dengan teras, patio tidak memiliki dinding atau atap.

Patio dapat menambah nuansa unik bagi hunian rumah Anda. Yuk cari tahu apa itu patio serta fungsi dan inspirasi desainnya dalam artikel di bawah ini!

Pengertian Apa Itu Patio

Istilah “patio” berasal dari bahasa Spanyol, tetapi sebenarnya berasal dari daerah gurun di semenanjung Arab. Patio sendiri berarti pekarangan suatu rumah atau bangunan. 

Patio lebih menekankan area terbuka dan alami yang bersentuhan langsung dengan tanah, bukan platform atau dek tertentu. Karenanya, patio biasanya tidak memerlukan pagar karena letaknya rata dengan tanah.

Patio bisa menempel pada struktur utama rumah atau berdiri sendiri. Patio seringkali menampilkan elemen lanskap yang indah dan dapat didesain sesuai dengan preferensi Anda.

Bahan umum yang digunakan dalam konstruksi patio meliputi beton, batu bata, batu, atau semen. Posisinya bisa berada di bagian depan, samping, atau belakang rumah.

Patio dirancang sebagai ruang terbuka sebagai tempat peristirahatan yang sejuk di rumah. Maupun sebagai tempat berkumpul atau tempat bersantai.

Perbedaan utama antara patio dan halaman terletak pada lokasinya. Patio merupakan area luar ruangan yang berada di dalam rumah, sedangkan halaman merupakan ruang terbuka di luar rumah. Ukuran patio yang lebih besar bisa mencakup meja dan kursi untuk menjadi tempat makan bersama di luar rumah.

Beragam Fungsi dan Manfaat Patio

Saat mempertimbangkan pembangunan patio di rumah, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa saja fungsi dan manfaat dari patio. 

Mengintegrasikan ruang terbuka di dalam rumah dengan taman kecil dan pepohonan, patio juga dapat memfasilitasi sirkulasi udara yang lebih baik. Selain daya tarik estetikanya, patio juga memiliki beragam fungsi praktis lainnya untuk rumah Anda. Berikut adalah daftar fungsi patio:

1. Patio Sebagai Ruang Tamu Outdoor

Memimpikan tempat bersantai yang estetik ala selebriti? Tidak perlu melakukan perjalanan jauh!

Dengan patio, Anda dapat menikmati momen bersantai di bawah sinar matahari. Bahkan mengundang para kerabat untuk berkunjung!

Cukup lengkapi dengan furnitur yang nyaman dan atur tempat duduk untuk menampung keluarga dan teman.

2. Patio Sebagai Fokus Utama Rumah

Banyak juga lho pakar arsitektur yang menganut teori titik fokus, yang menunjuk pada elemen sentral dalam sebuah rumah.

Nah, salah satunya ruangan yang bisa menjadi titik sentral atau focal point adalah patio! Patio dapat berfungsi sebagai titik sentral ini, dengan menambah bobot dan volume pada komposisi rumah secara keseluruhan.

3. Patio Sebagai Transisi Area Dalam dan Luar Rumah

Berfungsi sebagai ruang transisi rumah rumah, patio dapat menjadi penghubung serbaguna. Patio memfasilitasi transisi yang lebih fleksibel dari area luar ke dalam hunian.

Dengan menggabungkan lanskap yang indah, area patio juga dapat dimanfaatkan secara lebih efisien, sehingga menciptakan kesan rumah yang lebih lapang.

4 Referensi Ide Desain Patio Paling Estetik

Sekarang setelah Anda memahami apa itu patio dan manfaat-manfaatnya, sekarang saatnya mengeksplorasi ide desain yang bisa Anda coba untuk rumah impian Anda. Yuk, simak referensi pation paling estetik dan kekinian!

1. Bangun Patio dengan Memanfaatkan Ruang Sisa

Anda bisa mempertimbangkan untuk mengubah ruang terbuka yang tidak terpakai di belakang atau samping rumah Anda menjadi patio. 

Hiasi area tersebut dengan tanaman pot hijau segar dan tambahkan kursi santai atau kursi malas untuk menambah kenyamanan.

2. Desain Patio Bergaya Space-saving

Bereksperimenlah dengan desain patio bergaya space-saving! Untuk elemen dekoratifnya, gunakan karpet bermotif untuk menjadi statement pada ruangan.

Kemudian, tambahkan satu set furnitur yang harmonis untuk meningkatkan daya tarik estetika. Oh iya, jangan lupa tambahkan juga  elemen dekorasi tanaman hijau yang indah, ya! 

3. Patio dengan Nuansa Natural

Membuat patio seharusnya tidak menjadi tantangan. Anda bisa mencoba pilihan desain patio dengan nuansa natural yang adem.

Terapkan elemen seperti tikar bambu atau kursi berbahan rotan alami untuk membangkitkan rasa nyaman. Bahan-bahan ini tidak hanya efektif dalam menciptakan suasana yang homey, tetapi juga mudah didapat.

4. Patio dengan Fitur Kanopi

Bagi Anda yang memiliki ruangan tidak terpakai atau budget ekstra, mungkin bisa coba pertimbangkan untuk menambahkan kanopi atau atap dengan panel otomatis untuk area patio Anda.

Penambahan elemen ini tidak hanya akan meningkatkan daya tarik visualnya saja, tetapi juga membuat rumah Anda punya tambahan area yang multifungsi. Sempurnakan juga suasana dengan menggunakan lampu temaram yang menawan untuk malam hari.

Macam-macam Kriteria Patio. Apa Saja? 

Tertarik untuk menghadirkan area patio untuk hunian rumah Anda? Sebelum melakukannya, penting untuk memahami apa saja kriteria pembuatan patio. Berikut beberapa pertimbangan utama:

1. Gunakan Banyak Unsur Tanaman untuk Suasana Sejuk

Tanaman hijau sangat penting untuk area patio. Sebab, di area patio, pasti Anda ingin menghadirkan suasana yang menyegarkan dan teduh

Karena itulah, penggunaan banyak unsur tanaman juga sangat penting untuk mencapai efek sejuk dan tenang yang diinginkan. Pertimbangkan untuk menggabungkan berbagai jenis rumput, seperti rumput gajah dan rumput Jepang.

2. Ukuran Patio Bukan Menjadi Masalah

Banyak orang khawatir dengan keterbatasan ruang saat membangun patio di rumah. Namun, tidak ada persyaratan ukuran khusus untuk patio dalam ruangan. Bahkan di ruangan yang lebih kecil, seperti apartemen, sudut tertentu dapat diubah menjadi patio yang nyaman.

3. Perhatikan Jenis Lantai yang Dipakai

Mengingat fungsinya sebagai taman, maka pemilihan lantai untuk patio harus dilakukan dengan cermat.

Biasanya lantai semen lebih praktis dan tahan lama. Beberapa pemilik rumah juga memilih paving berlubang agar air meresap ke dalam tanah.

Alternatifnya, Anda bisa menggunakan lantai kayu yang juga bisa digunakan untuk menciptakan suasana hangat.

4. Pilih Desain Atap

Atap patio bisa berbentuk tertutup, semi tertutup, atau terbuka. Di daerah tropis seperti Indonesia, disarankan untuk menggunakan desain atap dengan kemiringan yang lebar dan landai untuk memastikan air hujan mengalir dengan baik, sehingga menghindari kerusakan pada furnitur.

Model atap ini juga bisa bermacam-macam, antara lain: atap datar yang menyatu dengan atap rumah, atap model pelana yang bisa berdiri sendiri atau menyatu, dan atap melengkung yang biasanya terbuat dari aluminium.

Tips Membangun Patio di dalam Rumah. Catat, Nih! 

Informasi terakhir yang perlu Anda pelajari adalah tips membangun patio di dalam rumah. Tips ini penting agar Anda bisa membuat perencanaan yang lebih matang. Yuk, simak tipsnya!

1. Tentukan Konsep Desain Patio

Meski sering dikaitkan dengan rumah bergaya Timur Tengah, patio bisa didesain dengan berbagai gaya, termasuk desain modern dan tropis.

Untuk tampilan minimalis namun natural, Anda bisa coba pertimbangkan untuk memasukkan elemen kayu dan bebatuan. Elemen tersebut juga menambah aksen kokoh.

2. Pilih Jenis Tanaman yang Cocok untuk Patio

Setelah Anda menentukan konsep desain, pilih tanaman yang dapat melengkapi desain patio tersebut.

Pilihlah tanaman dalam pot untuk fleksibilitas dalam menata ulang tampilan patio Anda. Pertimbangkan tanaman seperti sansevieria, yang dikenal karena khasiatnya sebagai pemurni udara. Atau, bisa juga tanaman merambat seperti dolar-dolaran, thunbergia, dan sirih, yang dapat membantu mengurangi polusi suara.

Alternatifnya, Anda juga bisa membuat taman kering dengan menggunakan bahan-bahan seperti beton, keramik, batu koral, dan kerikil.

3. Jangan Lupa Pertimbangkan Pencahayaan!

Saat menentukan lokasi patio, pertimbangkan arah cahaya alami. Pastikan pencahayaan cukup pada siang dan malam hari.

Gabungkan pencahayaan dekoratif untuk membangkitkan suasana pada desain patio Anda.

4. Rencanakan Ruang untuk Tambahan Furnitur

Jika Anda berniat memanfaatkan patio sebagai area relaksasi keluarga, siapkan space khusus untuk furnitur seperti kursi dan meja kecil.

Jika ruangannya cukup, pertimbangkan untuk menambahkan furnitur lainnya, seperti ayunan atau tempat tidur gantung.

5. Sempurnakan Patio dengan Elemen Dekoratif

Untuk meningkatkan daya tarik estetika patio rumah Anda, tambahkan elemen dekoratif seperti patung, kolam ikan, atau air terjun. Pastikan elemen-elemen ini proporsional dengan ruang yang tersedia dan melengkapi desain secara keseluruhan.

Kehadiran patio dapat menjadi salah satu solusi untuk Anda yang ingin mencari tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang. Di patio, Anda bisa makan barbeque bersama keluarga atau minum teh dengan syahdu.

Apakah Anda tertarik untuk membangun patio di hunian rumah Anda? Jika iya, semoga artikel ini dapat membantu proses perencanaan dekorasi rumah Anda, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru