Apa Itu Nakas? Ini Fungsi Utamanya untuk Percantik Area Kamar Tidur Anda

apa itu nakas

Nakas merupakan istilah yang dipakai untuk menggambarkan meja mungil yang diposisikan di kedua sisi tempat tidur. Nakas juga disebut sebagai meja samping tempat tidur.

Nakas biasanya memiliki tinggi sedang yang sejajar dengan tempat tidur. Fungsinya tidak hanya sebatas meningkatkan estetika ruangan saja, tapi juga sebagai platform yang nyaman untuk menyimpan barang-barang tertentu.

Anda bisa memilih nakas yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Untuk mengetahui apa itu nakas lebih lanjut dan mempermudah pencarian model nakas yang pas, yuk baca penjelasannya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Nakas?

Nakas adalah meja berukuran compact yang biasa diletakkan di samping tempat tidur. Meja mungil ini berguna secara praktis untuk menjadi tempat penyimpanan berbagai barang-barang penting agar mudah diraih. Misal, seperti handphone, laptop, kacamata, atau lampu samping tempat tidur.

Saat ini, ada banyak model meja nakas yang dijual di pasaran. Desainnya semakin beragam dan unik untuk Anda pilih.

Sebagai elemen serbaguna untuk dekorasi kamar tidur, meja nakas memang membawa banyak manfaat. Namun, penting untuk mempertimbangkan berbagai faktor sebelum membelinya, termasuk ukuran, bahan, dan desainnya.

Dari segi ukuran, pastikan lebar dan tinggi meja nakas tidak melebihi ukuran tempat tidur. Hal ini penting agar area kamar tidur tidak terasa sempit. Biasanya, ukuran nakas yang ideal sejajar dengan tinggi tempat tidur, kurang lebih 55-65 cm.

Untuk memperhitungkan aspek tahan lamanya, pilih bahan nakas yang umum digunakan antara lain adalah MDF, baja, papan partikel, dan logam.

Selain itu, dalam pemilihan model nakas, sesuaikan dengan tema dekorasi kamar tidur Anda. Pada kamar tidur bergaya industrial, meja nakas berbahan metal bisa menjadi opsi yang pas. Sebaliknya, kamar tidur serba putih yang minimalis bisa memilih meja nakas yang simpel juga.

Fungsi dan Kegunaan Nakas

Meski ukurannya kecil, meja nakas juga memiliki berbagai kegunaan praktis, menjadikannya tambahan yang berharga untuk interior kamar tidur Anda.

Simak fungsi nakas berikut ini agar lebih memahami manfaatnya:

1. Penyimpanan Benda Penting

Fungsi utama nakas adalah untuk menjadi tempat yang nyaman untuk meletakkan barang-barang kecil penting yang mungkin Anda perlukan sebelum tidur. Barang-barangnya antara lain seperti kacamata, jam tangan, dan aksesoris penting lainnya.

Penempatan meja kecil yang berdekatan dengan tempat tidur ini juga dapat menyederhanakan akses ke barang-barang ini saat bangun tidur.

2. Meletakkan Benda Lain yang Berguna

Meja nakas juga menjadi lokasi ideal untuk menyimpan barang-barang yang berguna kapan saja, termasuk jam alarm, pelembab kecil, dan ponsel.

Dengan menempatkan barang-barang ini di atas meja, Anda juga mendapat akses praktis.

3. Meningkatkan Nilai Estetika

Nakas juga dapat berfungsi sebagai penambah estetika ruangan. Hiasi meja mungil ini dengan barang-barang seperti lampu samping tempat tidur, bingkai foto, dan vas bunga untuk menciptakan suasana kamar tidur yang lebih cantik dan minimalis.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak memenuhi meja dengan terlalu banyak barang dekorasi. Alasannya karena dapat mengurangi daya tarik estetika dan membuat suasana lebih berantakan.

Sesuaikan dekorasi anakas dengan preferensi Anda serta pertimbangkan juga ukuran mejanya. Agar Anda dapat mempertahankan fungsinya sekaligus meningkatkan nilai estetika kamar tidur secara keseluruhan.

11 Referensi Model Meja Nakas yang Estetik

Simak beberapa rekomendasi model meja nakas yang estetik dan kekinian!

1. Nakas dengan Dua Laci Penyimpanan

Pemilih meja nakas dengan laci dapat menjadi pilihan terbaik karena menyediakan penyimpanan yang cukup untuk berbagai barang. Salah satu pilihannya, Anda bisa memilih nakas dengan dua laci penyimpanan.

Model meja ini juga berkontribusi dengan ruangan yang lebih rapi dan terorganisir.

2. Nakas dengan Satu Laci Penyimpanan

Namun, jika Anda ingin model nakas yang lebih sederhana lagi, Anda bisa pilih nakas dengan satu laci penyimpanan saja. Cocok nih buat Anda yang memiliki space kamar tidur yang terbatas!

Pertimbangkan meja nakas minimalis dengan satu laci penyimpanan. Biasanya, model ini menawarkan tempat penyimpanan yang cukup besar, karena mengedepankan kesederhanaan dan fungsionalitas.

3. Nakas Sudut Serbaguna

Utamakan nilai keserbagunaan meja nakas dengan menempatkannya di sudut ruangan. Dibuat agar pas di sepanjang sudut dinding, desain meja samping tempat tidur ini juga menambah nuansa ruangan yang lebih luas

4. Nakas Minimalis

Apakah Anda menyukai desain ruangan yang minimalis? Pilihlah meja nakas dengan desain simpel.

Model meja samping ini seringkali dilengkapi dengan kaki besi yang tahan lama, memastikan umur panjang dan ketahanan terhadap pemuaian.

Pilihlah warna monokrom seperti putih, abu-abu, hitam, atau coklat untuk tampilan yang rapi.

5. Nakas dengan Laci dan Rak Penyimpanan

Anda juga bisa mempertimbangkan meja nakas yang dilengkapi dengan laci dan rak penyimpanan untuk menampung berbagai barang di kamar tidur Anda.

Meja samping dengan tempat tidur kayu contohnya! Model nakas ini menawarkan tampilan yang elegan dan dapat bertahan selama 10-15 tahun.

6. Bangku yang Bisa Menjadi Meja serta Nakas

Model nakas yang terdiri dari bangku dan meja ini terlihat unik! Selain itu, furniture ini juga memiliki fungsi ganda sehingga cocok digunakan di ruangan yang ukurannya terbatas, sehingga tidak memakan banyak ruang.

7. Nakas Minimalis dengan Tiga Laci dan Meja Tambahan

Bagi Anda yang menyukai tempat penyimpanan yang luas, meja nakas minimalis dengan tiga laci dapat menjadi opsi utama!

Laci-laci ini secara efisien mengakomodasi semua kebutuhan kamar tidur Anda Desainnya yang luas memungkinkan penyimpanan barang dalam jumlah besar.

Keunggulan tambahan dari model nakas ini adalah fitur meja tambahannya. Mejanya mudah digeser masuk dan keluar seperti laci.

Anda bisa memanfaatkan meja ekstra ini untuk meletakkan buku atau kacamata sambil berbaring di tempat tidur.

8. Nakas Minimalis dengan Dua Laci dan Satu Rak Terbuka

Nakas minimalis ini memiliki tata letak penyimpanan yang terbagi menjadi dua bagian. Di sisi kiri, dua laci kecil menyediakan penyimpanan yang dapat diakses untuk barang-barang berukuran kecil hingga sedang, seperti obat-obatan, kacamata, dan senter.

Sedangkan, di sisi kanannya dilengkapi rak terbuka yang cocok untuk menyimpan buku favorit Anda. Sementara itu, permukaan atas nakas sangat cocok untuk memajang dekorasi atau meletakkan aromaterapi yang menenangkan.

Sempurnakan pengalaman membaca Anda dengan memasang lampu gantung di atas meja samping tempat tidur. Menarik, kan?

9. Nakas Minimalis yang Berfungsi Sekaligus Sebagai Lampu Tidur

Meja nakas minimalis ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang saja, tetapi juga dapat disulap menjadi lampu tidur.

Desainnya menampilkan blok persegi panjang dengan struktur terbuka. Di bagian bawah meja samping tempat tidur terdapat bola lampu, yang saat dinyalakan, cahaya lampunya akan memancar melalui lubang-lubang tersebut.

10. Nakas Minimalis Tanpa Laci

Meja nakas minimalis ini menawarkan penyimpanan tanpa laci. Berbentuk persegi huruf C, permukaan atasnya menampung lampu meja, cangkir, tanaman hias kecil, dan buku favorit Anda.

Untuk menyederhanakan pengalaman membaca Anda, letakkan buku tambahan yang ingin Anda baca berikutnya di bagian bawah meja samping tempat tidur, sehingga tidak perlu mengambilnya berulang kali.

11. Nakas Minimalis Berbentuk Heksagonal

Terakhir, ada desain meja nakas berbentuk heksagonal yang unik. Desain meja nakas ini efisien menampung berbagai barang.

Ukurannya ringkas, tapi juga fungsional. Cocok ditempatkan di kamar tidur yang padat.

Demikian pembahasan tentang apa itu nakas dan fungsinya untuk kamar tidur Anda. Semoga tulisan ini di atas dapat membantu Anda menambah referensi, ya!

Artikel Terkait

Artikel Terbaru