Apa Itu Mebel? Yuk, Pelajari Pengertian dan Fungsinya di Sini!

apa itu mebel

Pernah bertanya-tanya tentang apa itu mebel? Mebel mencakup barang-barang rumah tangga seperti kursi, meja, lemari, dan banyak lagi.

Meskipun istilah “mebel” mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, yuk cari tahu lebih dalam tentang apa itu mebel dan fungsinya dalam artikel berikut ini!

Apa Itu Mebel?

Istilah “mebel” berasal dari  kata “movable yang berarti bergerak. Sedangkan, kata “furniture” berakar pada kata Perancis “furniture”.

Meskipun mebel dan furniture berasal dari etimologi yang berbeda, tapi keduanya memiliki makna yang sama yaitu perabotan rumah tangga.

Oleh karena itu, ketika seseorang bertanya tentang furniture atau mebel, pada dasarnya yang dimaksud adalah perabotan rumah tangga.

Fungsi dan Kegunaan Mebel

Berdasarkan sejarah, mebel tertua ditemukan dari peninggalan zaman neolithic tahun 3100 sampai 2500 sebelum masehi. Mempertimbangkan usianya yang sudah sangat tua dan masih dipergunakan hingga saat ini, mebel memang memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Kehadiran mebel atau furniture dalam menawarkan kenyamanan akan membuat aktivitas dan istirahat Anda di rumah semakin menyenangkan. Selain itu, mebel juga dapat menjaga kerapian rumah atau hunian.

Penggunaan berbagai jenis mebel atau furnitur juga bisa menegaskan status sosial dan ekonomi seseorang. Misalnya, dari barang sesederhana kursi yang tidak hanya menjadi tempat duduk semata, tapi juga bisa melambangkan “kekuasaan”. Sebab itulah, ada kursi direktur atau kursi raja yang diperuntukan untuk seseorang yang dianggap bertahta tinggi.

Berbagai Jenis Mebel dan Pengertiannya

Saat ini, ada banyak jenis mebel yang bisa Anda temukan di pasaran. Berikut paparan jenis mebel serta pengertiannya:

A. Mebel Minimalis

Mebel minimalis menyiratkan kesederhanaan dari segi bentuk maupun desainnya. Jenis mebel ini cukup populer di masyarakat dan banyak dijadikan pilihan untuk rumah-rumah modern.

1. Mebel Meja dan Kursi Minimalis

Desain set meja dan kursi yang simpel dapat  menjadi opsi tepat bagi para pecinta mebel rumah tangga minimalis. Untuk itu, Anda bisa memilih meja dan kursi yang memiliki bentuk klasik dan pilihan warna yang netral.

2. Mebel Meja dan Kursi Belajar Minimalis

Untuk para orang tua yang memiliki anak dalam masa sekolah, pemanfaatan meja belajar minimalis merupakan pilihan yang bijak.

Desainnya yang simpel dan minimalis akan membantu menciptakan pada lingkungan belajar yang nyaman. Yang kemudian secara tidak langsung akan menumbuhkan suasana belajar yang kondusif.

3. Mebel Tempat Tidur Minimalis

Dirancang untuk orang yang tidur sendirian, kasur minimalis dapat menjadi opsi mebel yang nyaman. Misalnya, untuk Anda yang saat ini sedang tinggal di rumah indekos.

Tempat tidur minimalis biasanya hanya memiliki kapasitas untuk satu orang saja. Selain menghemat space, penempatan kasur minimalis juga bisa memberikan kesan ruangan yang lebih lega. Dengan begitu, Anda bisa dengan lebih leluasa meletakkan perabotan tambahan lainnya.

4. Mebel Kursi Minimalis

Bercirikan desain lugas dan warna netral, kursi minimalis juga turut memancarkan kesederhanaan.

Desain kursi minimalis biasanya memiliki dimensi ukurannya yang tidak terlalu besar. Hal tersebut membantu meningkatkan daya tarik minimalisnya. Serta, menjadikannya pilihan yang ideal untuk penggunaan di luar ruangan karena fleksibilitasnya.

5. Mebel Gantungan Baju Minimalis

Satu lagi ide mebel minimalis yang patut Anda pertimbangkan!

Rasanya tidak lengkap jika sebuah hunian tidak dilengkapi dengan gantungan baju di dalam ruangan. Selain membuat pakaian Anda lebih rapi, gantungan baju juga  membuat beberapa jenis pakaian tertentu lebih mudah diakses.

Contohnya nih, seperti jaket atau topi yang sering dipakai untuk beraktivitas di luar ruangan.

B. Mebel Kayu Jati

Sebagai salah satu jenis kayu terbaik dan tersohor di dunia, mebel kayu jati masih menjadi favorit banyak orang. Daya tariknya juga ada pada kekokohannya dan keawetannya. Karena itulah, walau dikenakan harga yang lumayan tinggi, mebel kayu jati masih sangat dicari.

Berikut beberapa contoh mebel atau furniture berbahan dasar kayu jati yang bisa Anda temukan dalam kehidupans ehari-hari.

1. Mebel Kursi Busa dari Kayu Jati

Seperti yang dibahas di atas, kayu jati terkenal dengan daya tahannya yang luar biasa. Keunggulan itu menjadikan bahan ini cocok digunakan untuk mebel yang ditujukan untuk pemakaian dalam jangka waktu lama, seperti kursi!

Untuk meningkatkan kenyamanan, Anda bisa menggabungkan busa tambahan pada jok kursi. Kemudian, meletakkan mebel kursi busa dari kayu jati ini pada ruang tamu.

Pilihlah desain kursi yang minimalis untuk menambah kesan nyaman dan estetik pada hunian Anda.

2. Mebel Ruang Tamu dari Kayu Jati

Anda juga bisa menggunakan elemen kayu jati sebagai tema keseluruhan dari salah satu ruangan di rumah. Misalnya, pada kursi, meja tamu, hingga lemari pada ruang tamu.

Setiap mebel yang telah disebutkan itu bisa diproduksi dengan bahan dasar kayu jati. Menarik untuk dicoba, nih!

3. Mebel Ruang Makan dari Kayu Jati

Pesona nyaman ruang makan akan semakin terpancar dengan penggunaan mebel yang didominasi oleh kayu jati. Khususnya, pada kursi-kursi makan!

Selain menggunakan busa tambahan pada bagian jok dan bantalannya, Anda juga bisa menggunakan bahan anyaman untuk menambah sisi menariknya.

4. Mebel Lemari Kayu dari Kayu Jati

Meskipun lemari kayu jati mungkin tampak familiar dari segi desain dan warnanya, kekuatan fundamentalnya terletak sifatnya yang tahan lama.

Terkenal karena kekuatannya, kayu jati menjamin usia panjang pada mebel, Menjadikan lemari  kayu jati sebagai pilihan banyak keluarga karena dapat diandalkan.

5. Mebel Meja Belajar dari Kayu Jati

Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman sangatlah penting! Untuk itu, meja belajar kayu jati dapat menjadi solusi ideal.

Desainnya yang sederhana dan mudah dibawa menjadi alasannya. memungkinkan Anda menemukan tempat yang nyaman untuk belajar dengan fokus dan tentram.

C. Mebel Modern yang Unik

Seiring perkembangan zaman, saat ini sudah banyak mebel modern yang dibuat dengan desain yang unik. Inovasi mebel ini membuat estetika hunian tampak lebih ekspresif dan menarik.

1. Mebel Meja Belajar yang Unik

Meskipun meja belajar mungkin bukan barang yang banyak diminati orang dewasa, banyak perusahaan memproduksi desain mebel meja belajar yang unik. Tujuan dari desain yang nyentrik tersebut adalah untuk menarik perhatian dan mendorong penjualan.

Ambil contoh, meja belajar compact yang berukuran mungil dan menampilkan pola cerah dan menyenangkan. Desain meja belajar satu ini sangat cocok digunakan oleh anak-anak dan remaja.

2. Mebel Meja Modern yang Unik

Mebel meja modern yang unik ini juga menarik perhatian dengan bentuknya yang minimalis.

Anda bisa memilih desain meja yang dilengkapi dengan area depan yang eye-catching. Penggabungan elemen gambar yang kontras dengan palet warna juga menambah daya tariknya. Menjadikan mebel meja modern ini menjadi pilihan yang menarik bagi calon pembeli.

3. Mebel Lemari Baju yang Unik

Apakah lemari pakaian Anda saat ini kurang memiliki desain atau corak yang menarik? Pertimbangkan untuk menggunakan mebel lemari baju yang unik!

Dipadukan dengan warna biru dan pola abstrak, Anda bisa memiliki lemari baju yang khas untuk membuat hunian Anda semakin estetik.

4. Mebel Kursi yang Unik

Meskipun kursi adalah salah satu mebel yang lumrah ditemukan, tapi ada juga lho desain kursi yang unik!

Contohnya, ada desain kursi yang berbentuk melingkar. Desainnya yang out of the box menciptakan tampilan unik dan tidak konvensional.

5. Mebel Dekorasi Dinding yang Unik

Ingin menambah karakter pada hunian Anda? Gunakanlah dekorasi dinding yang unik!

Setelah dipasang, penggunaan dekorasi dinding akan memberikan kesan modern dan unik. Trik ini juga bisa menyulap dinding polos Anda menjadi titik fokus yang menawan.

Setelah membaca informasi terkait apa itu mebel dan contoh-contoh perabotannya, apakah Anda tertarik untuk berbelanja mebel baru untuk rumah Anda?

Artikel Terkait

Artikel Terbaru