Apa Itu Impact Wrench? Alat Serbaguna Dalam Dunia Perkakas

apa itu impact wrench

Dalam dunia perkakas yang terus berkembang, impact wrench memegang peran penting dalam berbagai bidang industri, mulai dari otomotif hingga konstruksi. impact wrench biasanya digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut yang tebal dan besar.

Alat ini bekerja dengan memberi tekanan untuk baut bisa terpasang dengan kuat nantinya. Daya kerja impact wrench adalah dengan menggabungkan antara rotasi serta dorongan dari perangkat.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang apa itu impact wrench, bagaimana alat ini bekerja, berbagai jenis yang tersedia, dan mengapa impact wrench telah menjadi alat yang sangat penting dalam berbagai aplikasi.

Apa Itu Impact Wrench?

Impact wrench adalah alat yang dirancang khusus untuk mengencangkan atau melepas baut, mur, atau sekrup dengan cepat dan efisien. Pada umumnya, alat ini sering digunakan dalam industri otomotif, konstruksi, perbaikan peralatan berat, serta dalam berbagai pekerjaan yang memerlukan pengencangan baut dengan torsi tinggi. 

Salah satu fungsi penting dari impact wrench adalah kemampuannya untuk menghasilkan torsi tinggi dalam waktu singkat, yang membuatnya sangat efektif dalam pekerjaan yang biasanya membutuhkan kekuatan besar.

Secara bentuk, impact wrench memiliki kemiripan dengan mesin bor atau Impact Driver. Namun, secara fungsi, ketiga perangkat tersebut memiliki perbedaan yang mencolok. Untuk cara kerja, impact wrench atau mesin bor dan Impact Driver sama-sama merupakan perkakas tangan yang menggunakan bantuan listrik atau hidrolik dengan kompresor.

Mengandalkan perangkat layaknya impact wrench ini dalam dunia perkakas tentu akan sangat memudahkan pekerjaan dalam berbagai bidang.

Cara Kerja Impact Wrench

Usai memahami dengan jelas mengenai apa itu impact wrench, pemahaman mengenai cara kerja impact wrench juga sangat penting untuk mengoptimalkan keunggulan alat ini. Berikut ini penjelasan detail mengenai cara kerja impact wrench dalam dunia perkakas:

1. Rotasi

Ketika impact wrench akan digunakan, alat ini akan otomatis bekerja dan menjadi mirip dengan bor listrik konvensional. Rotasi yang berputar ini nantinya akan ditransmisikan ke baut atau mur yang perlu dikencangkan atau dilepas.

2. Mekanisme palu

Di dalam mesin impact wrench terdapat mekanisme palu yang berputar dengan sangat cepat seiring dengan putaran alat utama. Palu ini memiliki bobot yang signifikan dan berputar searah dengan alat utama. Kegunaan mekanisme palu pada impact wrench ini untuk membuat kencang baut yang telah terpasang.

3. Menghasilkan torsi tinggi

Saat mekanisme palu sudah mencapai titik tertentu dalam putarannya, nantinya perputaran palu akan menjadi berbalik arah secara tiba-tiba. Kondisi ini yang kemudian menghasilkan torsi tinggi dalam waktu singkat untuk menambah daya kerja perangkat tersebut.

4. Mekanisme yang terjadi berulang-ulang

Mekanisme kerja impact wrench yang terjadi berulang-ulang dalam waktu yang cepat ini membuat alat tersebut menghasilkan setidaknya ribuan putaran tiap menitnya. Cara kerja seperti ini biasanya tergantung pada jenis dan model impact wrench yang digunakan.

Jenis-jenis Impact Wrench

Secara umum, ada beberapa jenis impact wrench yang tersedia, masing-masing dengan karakteristiknya sendiri yang membuatnya cocok untuk digunakan di berbagai situasi. Beberapa jenis impact wrench yang umum digunakan antara lain:

1. Corded Electric Impact Wrench

Jenis impact wrench ini menggunakan kabel dan motor listrik sebagai sumber daya. Ketika tipe alat ini aktif, maka akan memberikan daya hentak kepada perangkat untuk bisa langsung terhubung dengan baut.

Pada umumnya, jenis Corded Electric ini digunakan dalam industri yang memiliki skala besar. Penggunaannya untuk urusan rumah tangga sangat jarang ditemui.

2. Pneumatik Impact Wrench

Jenis kedua adalah Pneumatik impact wrench. Tipe ini menggunakan tekanan hidrolik dari kompresor yang digunakan. Secara umum, penggunaan Pneumatik impact wrench ini bisa pada skala besar hingga kecil.

Pneumatik impact wrench ini biasanya ditemukan di bengkel untuk perbaikan kendaraan yang biasanya bisa digunakan tanpa menggunakan daya motor listrik.

3. Cordless Electric Impact Wrench

Jenis impact wrench ini merupakan tipe portabel. Biasanya jenis ini sudah membawa baterai dengan kapasitas mumpuni yaitu 18-28 volt. impact wrench tipe ini biasanya akan sangat bermanfaat dalam industri skala kecil termasuk rumah tangga.

Bentuknya yang portabel membuat jenis impact wrench ini bisa dibawa kemana saja sebagai alat darurat untuk beberapa kondisi tertentu.

Kelebihan Impact Wrench

Ada banyak kelebihan yang membuat impact wrench menjadi alat perkakas yang sangat dibutuhkan di berbagai industri. Beberapa kelebihan impact wrench antara lain:

1. Membuat pekerja selesai dengan lebih cepat dan efisien

impact wrench mampu mengencangkan atau melepas baut dengan sangat cepat. Alat ini membuat penggunanya menghemat waktu dan tenaga kerja.

2. Memiliki torsi tinggi

Kemampuannya untuk menghasilkan torsi tinggi membuat impact wrench ini sangat ideal untuk mengatasi baut yang ketat atau dalam kondisi ketika memerlukan torsi ekstra tinggi.

3. Punya dua sistem daya yang portable

impact wrench versi listrik dan baterai membuat alat ini sangat mudah dibawa ke berbagai lokasi kerja tanpa perlu sumber daya udara terkompresi. Namun, pastikan daya yang ada di perangkat tersebut sudah penuh.

4. Memiliki daya tahan tinggi untuk digunakan di berbagai kondisi

impact wrench memang dirancang untuk tahan lama dan mampu bertahan dalam kondisi kerja yang keras. Hal ini membuat perangkat tersebut dikenal sebagai alat serbaguna.

5. Bisa digunakan untuk bermacam-macam industri

Karena deretan fungsinya, impact wrench bisa sangat berguna di berbagai industri seperti otomotif hingga konstruksi sekalipun. Asalkan pada saat penggunaannya disesuaikan dengan jenis dan cara kerjanya.

Industri yang Menggunakan Impact Wrench

Karena fungsinya, impact wrench sangat handal digunakan dalam berbagai kondisi. Berikut ini beberapa industri yang menggunakan impact wrench.

1. Industri Otomotif

Pada industri otomotif, impact wrench digunakan untuk mengencangkan dan melepas baut roda, baut mesin, dan berbagai komponen kendaraan lainnya. Penggunaan alat ini di industri tersebut memang sangat dibutuhkan.

2. Industri Konstruksi

Selanjutnya, dalam industri konstruksi, impact wrench digunakan untuk perakitan struktur logam, pengencangan baut yang digunakan pada konstruksi bangunan, serta untuk perbaikan peralatan berat.

3. Perbaikan Peralatan Berat

Dalam perawatan peralatan berat seperti truk, alat berat, dan mesin konstruksi, impact wrench memiliki peranan penting untuk digunakan dalam perawatan rutin dan perbaikan.

4. Industri Manufaktur

Untuk industri manufaktur, impact wrench digunakan dalam perakitan produk seperti elektronik, peralatan rumah tangga, hingga komponen industri.

Rekomendasi Brand Impact Wrench Terbaik

Ada berbagai merk impact wrench di pasaran yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini beberapa rekomendasi brand impact wrench terbaik:

1. Bosch

Brand impact wrench terbaik pertama adalah Bosch yang memang berasal dari Jerman. Secara fungsi, tipe ini memang tidak memiliki perbedaan dari yang lainnya. Hanya saja, brand ini memang dikenal memiliki masa penggunaan yang awet serta multifungsi.

2. Dewalt

Jika ingin membeli impact wrench, kamu bisa mencoba brand Dewalt yang berasal dari Amerika Serikat. Secara keunggulan, jenis ini tidak jauh berbeda dari produksi Jerman. Namun, beberapa tipe Dewalt dibanderol dengan harga yang cukup murah.

3. Makita

Makita merupakan brand impact wrench yang berasal dari Jepang. Secara fitur, tipe ini tidak memiliki perbedaan mencolok dari produksi Jerman atau Amerika. Hanya saja, di pasaran, Makita dibanderol dengan harga yang relatif murah.

Berdasarkan ulasan mengenai apa itu impact wrench ini, dapat dipastikan jika alat tersebut memiliki peran penting dalam dunia perkakas. Kemampuannya untuk digunakan di berbagai industri dengan torsi tinggi membuat penggunaan impact wrench akan membantu dalam berbagai kondisi kerja yang serba cepat.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru