Apa Itu Bungalow? Cari Tahu Inspirasi Desainnya di Sini!

apa itu bungalow

Bungalow adalah salah satu jenis akomodasi penginapan yang biasanya bercirikan satu lantai. Bungalow biasanya ditandai dengan elemen arsitektur tradisional, atap rendah, dan beranda yang luas.

Ketahui penjelasan lengkap tentang apa itu bungalow beserta referensi desainnya di sini!

Pengertian Apa Itu Bungalow

Istilah “bungalow” berasal dari bahasa Hindi yaitu Bangla, yang berarti hunian bergaya Benggala Barat, India. Penggunaannya dimulai pada tahun 1676.

Awalnya, pada sejarah bungalow adalah rumah sederhana satu lantai dengan atap jerami dan beranda yang luas tanpa lorong. Serta, digunakan sebagai tempat peristirahatan musim panas. Bungalow sendiri biasanya dibangun di lingkungan alam yang tenang seperti pantai, hutan, atau tepi danau.

Saat merencanakan liburan, pilihan akomodasi juga memainkan peran penting. Faktor-faktor seperti kebersihan, keramahan staf, estetika, fasilitas, kapasitas, dan privasi tamu menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Bungalow seringkali disukai oleh kelompok turis dan mendorong perkembangan di sektor pariwisata.

Meskipun sekilas menyerupai villa, bungalow dan villa memiliki perbedaan yang signifikan. Bungalow berukuran lebih kecil dengan interior terbatas, dan biasanya menampilkan kamar tidur, kamar mandi, dapur minimalis, dan area lounge.

Bungalow dirancang untuk tempat tinggal sementara dan sangat ideal bagi pecinta alam yang mencari privasi dan suasana nyaman.

Untuk Anda yang mempertimbangkan bisnis pariwisata, pembangunan bungalow dapat menjadi salah satu potensi penghasilan. Jelajahi perbedaan dan inspirasi desain bungalow di sini.

Karakteristik dan Ciri Khas Bungalow

Jika dibandingkan dengan struktur arsitektur dan pilihan penginapan lainnya, bungalow menonjol karena beberapa karakteristik uniknya. Berikut ciri khas bungalow:

1. Bentuknya Lebih Sederhana

Bungalow biasanya memiliki desain sederhana, seringkali hanya terdiri dari satu lantai dengan teras yang luas.

2. Jauh dari Pusat Keramaian

Bungalow biasanya terletak jauh dari pusat wisata yang ramai. Lokasinya sering berada di lingkungan yang tenang seperti pantai yang jauh atau lanskap pegunungan.

3. Ukurannya Relatif Lebih Kecil

Bungalow cenderung berukuran lebih kecil. Selain itu, seringkali bungalow ditandai dengan jendela atap dan berandanya.

4. Perawatannya Mudah

Fitur arsitektur bungalow juga berkontribusi pada efektivitas biaya dan kemudahan perawatannya.

5. Memanfaatkan Lahan dengan Efisien

Dengan desain yang tidak memanjang secara vertikal, bungalow memanfaatkan lahan secara efisien tanpa perlu memakan banyak luas tanah.

6. Sering Dilengkapi dengan Jendela Menggantung

Bungalow tradisional juga sering menampilkan jendela yang menggantung. Sedangkan, bungalow modern mungkin menggunakan jendela ceruk besar untuk sentuhan estetik dan kekinian.

Asal Usul dan Perkembangan Bungalow di Dunia

Sejarah awal mula bungalow dapat ditelusuri kembali ke Asia Selatan, khususnya Bengal, India. Saat itu, pelaut Inggris dari East India Company mengidentifikasi struktur bangunan pertama pada akhir abad ke-17.

Awalnya bungalow menjadi tempat tinggal cukup besar yang dikaitkan dengan status sosial tinggi di Inggris dan Amerika. Istilah “bungalow” juga mengalami transformasi pada abad ke-20 untuk mewakili tempat tinggal sederhana yang biasanya berlantai satu. Meskipun begitu, saat ini definisi bungalow dapat berbeda-beda di masing-masing negara.

Sekarang ini di India, istilah bungalow secara luas mengacu pada tempat tinggal satu keluarga, berapapun jumlah lantainya. Di Kanada dan Inggris, bungalow umumnya melambangkan hunian satu lantai.

Sedangkan, di Amerika Serikat, gaya bungalow yang berbeda mendapatkan popularitas antara tahun 1910 dan 1940, menampilkan konfigurasi satu atau satu setengah lantai, teras yang luas, atap miring, dan elemen arsitektur yang terinspirasi dari Spanyol.

Sementara itu, di Indonesia, bungalow telah menjadi jenis akomodasi favorit di destinasi wisata. Contohnya, di Bali yang menonjol sebagai kota yang menganut banyak konsep bungalow.

Berbagai Kelebihan Bungalow

Bungalow menonjol sebagai pilihan favorit di kalangan wisatawan berkat serangkaian keunggulannya. Apa yang membedakan bungalow dari pilihan akomodasi lainnya? Mari pelajari berbagai kelebihannya di sini!

1. Kemudahan Mobilitas

Rumah bungalow adalah pilihan ideal bagi mereka yang memiliki anggota keluarga lanjut usia atau penyandang disabilitas.

Basanya bangunan bungalow hanya terdiri dari satu lantai, sehingga memudahkan mobilitas karena semua posisi kamar akan terletak di tingkat yang sama

2. Konsep Terbuka yang Fresh

Kebanyakan rumah bergaya bungalow menganut desain konsep terbuka. Pendekatan arsitektur ini memungkinkan adanya cahaya alami yang cukup dan sirkulasi udara yang lebih baik.

Penghuni bungalow dapat menikmati kesegaran alami yang maksimal. Selain itu, tata ruang terbuka ini membuat kesan ruangan yang lebih lapang sehingga meningkatkan kenyamanan secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Privasi 

Menurut definisinya, rumah bergaya bungalow terletak di sebidang tanah yang luas dan terpisah atau semi-terpisah.

Karena itulah, konsep bangunan bungalow juga dapat memastikan privasi tingkat tinggi bagi penghuninya.

Selain itu, penempatan jendela pada bangunan ini umumnya lebih rendah dan dekat dengan tanah, sehingga menyediakan lingkungan yang tersembunyi dan terlindung oleh pepohonan, semak, ataupun pagar.

4. Aset Investasi yang Baik

Bungalow terbukti menjadi aset investasi yang sangat baik karena nilainya yang bertahan lama. Meskipun harga bungalow mungkin relatif lebih rendah, tapi ia cenderung mampu bertahan dalam krisis ekonomi dengan baik.

Secara arsitektur, bungalow juga telah mempertahankan popularitasnya selama jangka waktu yang lama, menjadikannya pilihan investasi yang bijak, baik dari sudut pandang praktis maupun estetika.

Perbedaan Bungalow dengan Villa, Cottage, serta Resort

Selain bungalo, terdapat jenis penginapan lain yang ditemukan dan hampir serupa yaitu vila, cottage, dan resort. Yuk, simak sejumlah perbedaannya berikut ini:

1. Villa

Dalam terminologi bahasa Inggris, vila mengacu pada hunian luas yang terletak dekat atau jauh dari kota, seringkali di pinggiran kota.

Berbeda dengan desain bungalow yang sederhana, villa juga memiliki skala ukuran yang besar dengan estetika modern dan mewah. Bangunan ini juga menampilkan ruang terbuka yang dekat dengan alam.

Villa cocok untuk disewa oleh rombongan atau keluarga besar, karena banyaknya kamar yang ditawarkan. Selain itu, banyak villa menyediakan fasilitas tambahan seperti taman bermain dan pusat kebugaran.

2. Cottage

Menyerupai paviliun, cottage merupakan rumah-rumah kecil yang musiman. Dari segi ukuran, cottage lebih compact dibandingkan villa dan biasanya hanya dapat menampung 2-3 orang saja.

Meski ukurannya lebih kecil, cottage dapat dengan mudah ditemukan di berbagai destinasi wisata sebagai pilihan bermalam. Strukturnya yang nyaman juga dilengkapi dengan fasilitas untuk menjamin pengalaman nyaman bagi para tamunya.

3. Resort

Resort merujuk pada tempat untuk relaksasi atau rekreasi. Tidak seperti rumah pemukiman biasa, resort merupakan fasilitas komprehensif yang menawarkan serangkaian fasilitas dan aktivitas untuk memenuhi kebutuhan waktu luang dan hiburan pengunjung selama mereka menginap.

Referensi Desain Bangunan Bungalow

Sekarang setelah Anda memahami dengan  yang jelas tentang apa itu bungalow, mari kita jelajahi beberapa inspirasi desain bangunan bungalow di bawah ini!

1. Memiliki Atap Jerami

Berada di kawasan wisata yang ramai, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil inspirasi desain bungalow beratap jerami. Desain ini berpadu sempurna dengan alam, menghasilkan suasana yang unik dan menenangkan.

Untuk melengkapi suasananya, penggunaan lantai kayu juga dapat meningkatkan estetika keseluruhan. Bungalow seperti itu sangat cocok di kawasan pesisir atau taman nasional.

2. Tampil Tangguh di Pesisir Pantai

Membangun bungalow di atas kawasan pantai yang berbatu bukanlah suatu hal yang mustahil. Pilihlah desain minimalis dengan atap datar dan pondasi kokoh yang menyesuaikan dengan medan pantai.

Manfaatkan juga bahan kayu berwarna coklat secara dominan pada konstruksinya. Kemudian, lengkapi dengan dinding kaca agar para tamu dapat menikmati pemandangan pantai yang indah.

3. Tampak Minimalis dan Modern

Anda juga bisa menjelajahi konstruksi bungalow bergaya modern minimalis yang memiliki bentuk atap segitiga siku-siku. Dengan dominasi penggunaan material kayu dan kaca, desain ini dapat menumbuhkan nuansa alam yang natural dan asri.

Nuansa kehangatan juga dapat ditingkatkan dengan elemen kayunya dan pencahayaan kuning temaram yang lembut

4. Menyerupai Rumah Panggung

Mengambil inspirasi dari rumah tradisional Indonesia yang dibangun di atas panggung, desain bungalow satu ini bertujuan untuk memitigasi risiko dari satwa liar.

Konsep ini dapat diterapkan pada bungalow tepi pantai yang terletak strategis di tengah alam. Fondasi yang ditinggikan melindungi dari banjir rob. Lalu, juga ada penggunaan tangga yang menyediakan akses langsung ke area pantai.

5. Modifikasi Kontainer yang Unik

Terakhir, ada desain bungalow yang memanfaatkan modifikasi rumah kontainer yang unik. Desain ini dapat menjadi pilihan populer karena menawarkan suasana nyaman dengan tambahan jendela dan pintu.

Meski memiliki ruang terbatas, dengan penataan yang cermat dan furnitur multifungsi suasana nyaman tetap bisa dirasakan.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu bungalow dan beberapa inspirasi desainnya. Apakah Anda siap bermalam dan menginap di rumah penginapan satu ini?

Artikel Terkait

Artikel Terbaru