Apa Itu Bidet? Ketahui Fakta Lengkapnya di Sini!

apa itu bidet

Meskipun bidet belum banyak digunakan di Indonesia, tapi elemen kamar mandi ini cukup populer di negara lain. Jika Anda pernah menjelajahi negara-negara Eropa, China, Amerika Latin, atau Timur Tengah, kemungkinan besar Anda pernah menjumpai perangkat unik ini.

Meski menyerupai wastafel, bidet memiliki tujuan yang berbeda. Ingin tahu lebih lanjut tentang apa itu bidet dan seperti apa pemanfaatannya untuk rumah Anda? Mari pelajari bersama!

Apa Itu Bidet?

Anda mungkin sudah tidak asing dengan wastafel yang dirancang untuk mencuci tangan, wajah, atau tubuh bagian atas. Nah, bidet sendiri berfungsi untuk membersihkan tubuh bagian bawah.

Bentuk bidet menyerupai bak cuci atau baskom kecil yang mampu mengalirkan aliran air panas atau dingin. Ada berbagai macam bentuk bidet, salah satunya ada tipe bidet tradisional yang dibuat dari keramik. 

Selain itu, ada juga bidet yang terpasang pada dudukan toilet dengan bentuk menyerupai pipa kecil. Pipa ini dapat disesuaikan atau dipindahkan posisinya saat mengaktifkan tombol bidet.

Dari segi pembuatannya, sebagian besar bidet dibuat dari bahan porselen vitreous agar menyerupai tampilan wastafel atau toilet. Pemasangan biasanya melibatkan pemasangan di dinding atau diletakkan di lantai.

Berfungsi sebagai toilet khusus untuk membilas atau membersihkan area genital, bidet dipakai setelah menggunakan toilet. Walau banyak yang mengira bidet hanya diperuntukkan bagi perempuan, laki-laki juga dapat menggunakannya.

Meskipun bidet mungkin tidak lazim di Indonesia, bidet dapat ditemukan di hotel atau mal tertentu.

Cara Memakai Bidet pada Kloset Duduk

Pemakaian bidet pada kloset duduk tergantung dengan fitur yang dimiliki pada bidet. Berikut ini beberapa caranya:

1. Atur Suhu Terlebih Dahulu

Jika bidet Anda menawarkan pengaturan suhu air, mulailah dengan menyalakan air dan menyesuaikan suhu sebelum memulai proses pembilasan.

2. Posisikan Bidet di Tengah Garis Punggung

Sejajarkan diri Anda sehingga bidet berada di tengah garis punggung Anda untuk penggunaan yang optimal.

3. Sesuaikan Daya Semburan Air

Pastikan Anda berada dekat dengan aliran air. Kemudian, sesuaikan kekuatan pancaran air sesuai yang Anda butuhkan.

4. Gunakan Hingga Bersih

Gunakan bidet untuk membersihkan area bawah tubuh, sampai Anda merasa benar-benar bersih.

5. Matikan Setelah Selesai Digunakan

Setelah selesai menggunakan bidet, matikan bidet. Dan, jangan lupa untuk mencuci tangan.

Macam-macam Fitur yang Terdapat Pada Bidet 

Ada beragam fitur yang ada pada bidet, terutama untuk jenis bidet yang terintegrasi dengan toilet otomatis. Tujuannya sendiri adalah untuk meningkatkan kepraktisan dan efisiensi proses pembilasan.

Berikut beberapa fitur penting yang ada pada bidet:

1. Fitur Pengering

Fitur pengering akan memfasilitasi proses pengeringan area intim pasca pembersihan. Fitur ini cocok digunakan untuk mengakali kebutuhan akan tisu.

Karena itulah, secara tidak langsung, kehadiran fitur pengering akan membuat aktivitas pembersihan diri lebih cepat, praktis, serta higienis.

2. Fitur Penyesuaian Jumlah Air

Seperti namanya, fitur ini akan membantu menyesuaikan jumlah air yang digunakan untuk membilas area intim. Sehingga lebih memungkinkan untuk Anda melakukan proses penyesuaian dan penghematan biaya dalam penggunaan air.

3. Fitur Pengatur Suhu Air

Bagi Anda yang tidak menyukai suhu air dingin, fitur ini pasti sangat berguna! Dengan kemampuan mengatur suhu air, Anda dapat menyesuaikan suhunya sesuai preferensi atau kebutuhan spesifik Anda.

Keuntungan Menggunakan Bidet yang Perlu Anda Tahu

Apabila Anda mempertimbangkan untuk membeli toilet yang dilengkapi fitur bidet, berikut beberapa keuntungan penggunaan bidet yang perlu Anda ketahui. Check this out!

1. Membantu Proses Pembilasan Lebih Efisien dan Efektif

Penggunaan bidet dapat membantu menghemat waktu saat membilas pasca buang air besar. Karena hanya perlu memutar atau menekan tombol pada badan toilet.

Posisi bidet juga umumnya telah disesuaikan secara cermat dengan struktur tubuh pengguna, sehingga Anda tidak perlu mengatur posisi sendiri, seperti ketika memakai jet shower atau gayung.

2. Menawarkan Kenyamanan Lebih

Bidet yang dilengkapi dengan fitur mengatur suhu air, volume air, dan fitur pengering pastinya akan menawarkan pengalaman yang lebih baik untuk penggunanya. Saat menggunakannya, Anda bisa merasa lebih nyaman karena telah disesuaikan dengan preferensi atau kebutuhan Anda.

3. Membuat Proses Pembilasan Lebih Higienis

Penggunaan bidet menghilangkan kebutuhan untuk menyentuh sumber air, tidak seperti jet shower atau gayung yang mungkin sulit dijangkau.

Cukup menekan atau memutar tombol bidet, Anda sudah bisa mengontrol semprotan ainya dengan lebih higienis.

4. Praktis untuk Anggota Keluarga dengan Keterbatasan Fisik

Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga dengan keterbatasan fisik atau lansia, toilet yang dilengkapi bidet menjadi pilihan praktis. Fitur ini menyederhanakan dan memudahkan proses pembersihan mandiri.

Seperti Ini Cara Membersihkan Bidet

Setelah memahami cara memanfaatkan bidet toilet dan tujuan penggunaannya, Anda bisa mempelajari tata cara pembersihan bidet yang benar.

Meskipun memiliki beberapa kesamaan dengan membersihkan toilet kamar mandi yang standar, ada tip dan trik khusus untuk perawatan bidet.

Sebelum Anda memulai tahapan pembersihan bidet, siapkan beberapa hal berikut:

  • Sarung tangan karet
  • Spons pembersih kamar mandi
  • Lap kain
  • Pembersih toilet yang kuat dan ampuh
  • Disinfektan atau pembersih permukaan

Setelah perlengkapan pembersihan tersebut sudah ada, Anda bisa lanjut ke proses pembersihan. Berikut panduan langkah pembersihan bidet:

1. Gunakan Sarung Tangan Karet

Awali dengan mengenakan sarung tangan karet untuk melindungi diri Anda dari paparan bakteri.

2. Bersihkan Bagian Dalam Bidet

Oleskan pembersih toilet yang kuat dan efektif untuk bagian dalam bidet. Langkah ini penting untuk memastikan bahwa noda, kuman, dan bakterinya telah hilang.

Setelah dioleskan merata, biarkan selama 10 menit.

3. Gunakan Desinfektan

Tahapan selanjutnya adalah menggunakan desinfektan untuk membersihkan bagian tepi bidet. Lap menggunakan kain,  lalu pastikan keran bidet, area sekitarnya, dan lantai telah dibersihkan secara menyeluruh. 

4. Sikat Bagian Dalam Bidet

Setelah menunggu selama 10 menit, gosok bagian dalam bidet menggunakan spons, lalu bilas.

5. Bersihkan Bidet Nozzle dengan Cuka dan Sikat Gigi

Untuk bidet dengan nozzle, Anda bisa membersihkannya setiap bulan menggunakan cuka dan sikat gigi yang lembut. Jika nozzle-nya tersumbat, keluarkan dan letakkan di dalam kantong.

6. Hindari Pemutih untuk Kursi Bidet Plastik 

Apakah bidet yang Anda miliki memiliki dudukan atau kursi berbahan plastik? Kalau iya, sebaiknya Anda menghindari penggunaan pemutih pada bahan tersebut, ya.

Sebagai gantinya, gunakanlah desinfektan ringan atau pembersih permukaan. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bawah kursi atau dudukan.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai apa itu bidet, fitur-fitur, serta cara membersihkannya. Setelah membaca informasi di atas, apakah Anda tertarik untuk memasang bidet di rumah?

Setelah memasangnya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan toilet, ya! Terima kasih telah membaca dan nikmati artikel seputar kebutuhan rumah tangga lainnya pada blog ini.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru