Apa Itu ACP? Pengertian, Jenis, Keunggulan, dan Harganya

apa itu acp

Apakah Anda familiar dengan apa itu ACP? Aluminium Composite Panel (ACP) merupakan salah satu bahan bangunan yang sering digunakan, baik pada bangunan perumahan, perkantoran, maupun komersial.

Untuk  Anda yang ingin menggunakan bahan satu ini dalam pembangunan rumah impian, yuk luangkan waktu sejenak untuk membaca artikel berikut ini!

Apa Itu ACP?

ACP merupakan singkatan dari Aluminium Composite Panel (ACP). Bahan ACP adalah penggabungan pelat aluminium dan material komposit.

Pada dasarnya, bahan ini terdiri dari inti polietilen yang terletak di antara dua lembaran aluminium. Walau kaku dan kokoh, lembaran ACP memiliki sifat yang relatif ringan.

Biasanya, lembaran Aluminium Composite Panel memiliki ketebalan antara 1 hingga 10 mm, dengan lebar berkisar antara 1.200 hingga 1.600 mm. Lembaran ACP tersedia dalam berbagai warna metalik dan non-logam. Polanya dapat dibuat serupa dengan bahan seperti kayu atau keramik dengan pesanan khusus.

ACP banyak digunakan sebagai penutup permukaan dinding, khususnya pada struktur dengan arsitektur minimalis. Sering dipasangkan dengan kaca dan logam lainnya, ACP berkontribusi terhadap daya tarik estetika bangunan.

Tak hanya itu, ACP juga melayani keperluan dalam partisi, penutup kolom, dan desain langit-langit yang artistik.

Jenis-jenis ACP yang Perlu Anda Ketahui

Di pasaran, tersedia dua jenis bahan ACP, yaitu: PVDF (Poly Vinyl) dan PE (Polyester). Berikut rinciannya:

1. PVDF (Poly Vinyl de Flouride or Polyvinylidene Difluoride)

ACP PVDF memiliki lapisan yang sangat tebal yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca buruk. Hal ini membantunya untuk memastikan bahwa pemudaran warnanya tetap minimal.

Oleh karena itu, ACP PVDF merupakan pilihan terbaik untuk aplikasi bangunan eksterior. Walaupun, harganya cenderung relatif mahal, tapi ada berbagai keunggulan yang ditawarkannya.

2. PE (Polyester)

ACP PE (Polyester) memiliki fitur lapisan tunggal yang menghasilkan profil yang lebih tipis dan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan tipe PVDF. Biasanya, ACP Polyester sering digunakan dalam konstruksi interior bangunan, terutama untuk langit-langit, partisi, atau penutup kolom.

Ini Keunggulan Bahan ACP!

Bahan ACP banyak digunakan dalam konstruksi bangunan komersial. Berikut beberapa keunggulan penggunaan bahan ACP:

1. Tahan Cuaca

ACP, dibuat dari lapisan aluminium dan material komposit, menunjukkan ketahanan luar biasa terhadap beragam kondisi cuaca. Mulai dari panas terik atau hujan lebat.

Selain itu, kelebihan bahan ACP adalah ketahanannya terhadap korosi, garam, asam, dan sinar UV. Sifatnya yang kokoh memastikan daya tahannya awet selama beberapa dekade tanpa penggantian, namun tetap ramah lingkungan.

2. Ringan

Meski bentuknya kokoh, setiap lembar ACP memiliki bobot yang relatif ringan, sekitar 3,5 kg hingga 5,6 kg per m2. Karakteristik ringan ini membuat penanganannya mudah, serta memfasilitasi pengangkatan dan pergerakan yang lebih sederhana. Dalam kata lain, membantu pekerjaan proyek konstruksi.

3. Kemudahan Aplikasi

ACP juga fleksibel dan memiliki proses penerapan yang sederhana. Bahan ACP dapat dibentuk, dilipat, dibor, dan dilengkungkan dengan mudah.

Proses pemasangan ACP membutuhkan peralatan yang sederhana dan mudah didapat. Penting, nih!

4. Tahan Benturan

Permukaan ACP yang kaku mencegahnya untuk mudah tergores atau pecah. Hal ini penting untuk memastikan kerusakan minimal saat diangkat atau dipindahkan, serta menjaga bentuk dan integritas lembaran ACP itu sendiri.

5. Daya Tarik Estetika

Dengan permukaan yang datar dan ramping, lembaran ACP memiliki tampilan yang menarik secara visual. ACP juga sering kali menampilkan kilau yang bersinar di bawah sinar matahari.

Karena itulah, bangunan yang dihiasi eksterior ACP memancarkan keindahan, keagungan, dan kemewahan. Yang nantinya juga akan menambah nilai estetika dan menjelaskan popularitas material tersebut dalam lingkungan komersial.

6. Dapat Dikustomisasi atau Disesuaikan

Produsen ACP menawarkan opsi penyesuaian untuk permukaan ACP. Memungkinkan Anda untuk memilih beragam motif seperti pola kayu atau keramik, serta memberikan alternatif selain permukaan satu warna.

Beberapa Kekurangan Bahan ACP

Meski memiliki sederet keunggulan yang dibahas di atas, ACP tetap memiliki kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Apa saja kelemahan ACP?

1. Berisiko Terkena Petir

ACP cukup rentan terhadap sambaran petir tanpa sistem grounding yang memadai pada bangunan utama.

2. Kurang Tahan Tekanan Angin

ACP juga memiliki resistensi yang kurang terhadap tekanan angin. Hal ini berpotensi membahayakan keselamatan pada instalasi yang konstruksinya buruk.

3. Ada Risiko Lapisan Intinya Menggelembung

Risiko lapisan inti menggelembung pada suhu tinggi, mengakibatkan permukaan ACP menjadi tidak rata. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap pengurangan daya tarik estetika.

4. Perlu pengawasan Pada Suhu Panas Tinggi

ACP memiliki bahan inti yang terbuat dari polyethylene dan lem pengikat. Kedua bahan ini dapat mengeluarkan gas beracun dalam suhu panas yang tinggi.

5. Biayanya Relatif Tinggi

Walaupun memiliki karakteristik tahan api, harga ACP masih dianggap relatif mahal.

6. Butuh Bantuan Profesional

ACP membutuhkan tenaga pemasangan khusus yang profesional.

Cara Memasang ACP Pada Bangunan

Seperti yang disinggung sebelumnya, pertimbangan penting dalam memasang ACP adalah perlunya keahlian profesional. Oleh karena itu, sangat penting untuk melibatkan para ahli untuk tugas ini.

Anda bisa memahami langkah-langkah instalasi ACP dalam uraian berikut:

1. Persiapkan Dinding

Sebelum pemasangan ACP, pastikan dinding mendapat plesteran yang benar dan pemasangan braket. Sangat penting untuk tidak melanjutkan tanpa menyelesaikan plesteran dinding dan memasang braket.

2. Marking

Setelah dinding diplester dengan benar, proses marking atau penandaan yang cermat menjadi penting untuk pemasangan ACP yang tepat. Gunanya adalah untuk memastikan hasil yang optimal.

3. Pilih Jenis ACP yang Sesuai

Gunakan tipe ACP yang sesuai dengan tujuan penggunaannya. Untuk pemasangan di luar ruangan, pilihlah ACP tipe PVDF. Sebaliknya untuk instalasi interior lebih cocok menggunakan ACP tipe PE.

Kisaran Harga ACP

Dalam penerapan ACP penting untuk Anda memahami biaya ACP. Berikut kisaran harganya:

  1. ACP Seven Marks 3 mm Rp315.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  2. ACP Seven PVDF 0.30 mm Standard Rp776.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  3. ACP Globond PE 0.30 mm Rp559.250 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  4. ACP Decobond 2 mm Rp305.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  5. ACP Aluprima Insta Serat Kayu 3 mm Rp310.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  6. ACP JIYU PE 0.21 mm Double Side Rp620.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  7. ACP Alustar 0.21 mm Rp700.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  8. ACP Alumebond 0.21 mm Rp648.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  9. ACP Luminate 0.21 mm Rp600.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm
  10. ACP Ferobond 0.21 mm PE Rp725.000 per lembar dengan ukuran 2.400 mm x 1.220 mm

Demikian pembahasan tentang apa itu ACP. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda, sekaligus membantu Anda menemukan jenis bahan ACP yang tepat untuk kebutuhan.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru