5 Rekomendasi Air Cooler Terbaik, Bikin Rumah Lebih Adem!

air cooler terbaik

Air cooler terbaik digunakan saat udara panas. Kehadiran air cooler dapat membantu menyejukkan ruangan, serta membuat penghuni rumah Anda menjadi lebih nyaman berkegiatan.

Apakah saat ini Anda sedang mencari air cooler yang cocok untuk rumah? Simak rekomendasi air cooler terbaik di sini!

Kelebihan Air Cooler

Sebagai salah satu alternatif AC, air cooler dapat menjadi penyejuk ruangan yang sifatnya lebih fleksibel. Berikut adalah kelebihan-kelebihan air cooler:

1. Lebih sejuk dari kipas angin

Air cooler bekerja dengan cara mengalirkan udara yang disertai air dingin. Air cooler dapat membantu menurunkan suhu maksimal 3 derajat Celcius.

2. Bersifat fleksibel

Salah satu keunggulan lain dari air cooler adalah sifatnya yang fleksibel. Anda bisa dengan leluasa memindahkan air cooler sesuai kebutuhan. Bahkan beberapa produk air cooler juga telah dilengkapi dengan roda untuk membantu mobilitasnya.

3. Harganya terjangkau

Dibandingkan dengan perangkat elektronik seperti AC, kisaran harga air cooler relatif lebih terjangkau. Tak hanya itu, konsumsi dayanya pun lebih kecil sehingga Anda dapat menghemat budget.

Kekurangan Air Cooler

Air cooler juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Apa saja kekurangannya? Berikut uraiannya:

1. Meningkatkan kelembapan ruangan

Salah satu pertimbangan terbesar dari membeli air cooler berkaitan dengan tingkat kelembapan. Karena bekerja dengan percikan air, air cooler memiliki potensi untuk membuat kelembapan ruangan lebih tinggi.

2. Harus berada dalam jarak dekat

Agar terasa kesejukannya, Anda harus meletakkan air cooler berdekatan dengan objek. Mengapa begitu? Sebab, air cooler memiliki daya jangkau yang lebih pendek.

3. Kurang efektif untuk area besar

Karena daya jangkaunya terbatas, air cooler lebih efektif diletakkan pada area atau ruangan yang lebih kecil.

Tips Memilih Air Cooler Terbaik

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk air cooler baru, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu tips memilih air cooler terbaik.

Bagaimana cara memilih air cooler terbaik? Berikut tips-tipsnya!

1. Pilih air cooler dengan ukuran dan daya besar

Tips pertama untuk memilih air cooler terbaik adalah dengan mencari air cooler dengan ukuran dan daya produk yang besar. Mengapa air cooler berukuran besar lebih direkomendasikan? Sebab, semakin besar daya air cooler, putaran kipasnya juga akan semakin kencang.

Dengan begitu, embusan udara air cooler akan lebih mampu untuk menyejukkan ruangan dengan jangkauan yang lebih luas. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa menghitung performa air cooler berdasarkan nilai RPM kipasnya. Rata-rata kipas dengan kecepatan 3.000 RPM lebih mampu menyejukkan ruangan dibandingkan kipas dengan kecepatan 1.500 RPM.

2. Gunakan air cooler mini berdaya kecil dengan fitur timer untuk area tidur

Untuk menemani tidur malam Anda, Anda bisa memilih air cooler dengan ukuran daya kecil serta fitur timer. Catat tips kedua ini, ya!

Sudah banyak produk air cooler berukuran mini yang dijual di pasaran, lho! Tipe air cooler ini biasanya dilengkapi dengan koneksi USB yang praktis.

Selain itu, karena ukuranya yang lebih mini, Anda bisa bebas meletakkannya di mana saja.

Namun, Anda juga perlu menyadari bahwa kekuatan air cooler mini sangat terbatas. Kebanyakan air cooler mini hanya bisa menyala dengan suplai listrik DC 5 Volt saja.

Fitur timer sendiri dibutuhkan untuk membantu Anda mengatur waktu kerja air cooler dengan lebih mudah. Anda bisa menyetel air cooler sepanjang malam atau selama beberapa jam saja sesuai kebutuhan. Air cooler juga dapat mati secara otomatis sesuai waktu pengaturan.

3. Periksa kapasitas tangki air air cooler

Tips ketiga untuk mendapatkan air cooler terbaik adalah memahami cara kerja air cooler. Berbeda dengan AC serta kipas angin, cara kerja air cooler adalah dengan menyemprotkan partikel air yang kemudian dihasilkan dari proses penguapan tangki airnya.

Beberapa produk air cooler yang tersedia di pasaran memiliki ukuran atau kapasitas tangki air yang berbeda-beda. Untuk air cooler yang akan dinyalakan dalam waktu lama, Anda bisa menggunakan kapasitas tangki air yang lebih besar, ya!

Sebagai contoh, kapasitas tangki air cooler berukuran 6 liter bisa menyala hingga 4 jam hingga air di dalam tangki tersebut habis.

Tak hanya itu, Anda juga perlu bisa mempertimbangkan kehadiran ice pack. Karena ice pack dapat bertahan dalam durasi 4-7 jam tergantung dengan temperatur ruangan.

Agar ruangan rumah Anda senantiasa terasa kesejukannya, Anda harus selalu menggunakan air dingin dengan suhu sekitar 20 derajat Celcius.

Rekomendasi Produk Air Cooler Terbaik untuk Rumah Anda

Kami telah merangkum beberapa rekomendasi produk air cooler terbaik yang dapat Anda beli untuk rumah Anda. Apa saja daftar rekomendasinya? Check this out!

1. Air Cooler Denpoo AR-1208 XF

Rekomendasi produk air cooler terbaik yang pertama datang dari brand Denpoo! Denpoo Air Cooler AR-1208 XF dapat memiliki konsumsi daya yang cukup rendah, hanya 65 watt saja.

Selain hemat energi, air cooler satu ini juga memiliki berbagai fitur canggih. Mulai dari kontrol kecepatan angin tiga mode, sensor level air, timer, serta osilasi otomatis. Berbagai kehadiran fitur tersebut membuat penggunaan air cooler dari Denpoo lebih praktis untuk digunakan

Dengan kapasitas tank 12 liter, air cooler ini juga memiliki fitur honeycomb pad serta LED display. Anda juga bisa akan mendapat remote control serta ice gel sebagai pelengkapnya. Tertarik membelinya?

2. Air Cooler Midea AC100-A

Air cooler terbaik selanjutnya adalah Midea AC100-A Air Cooler! Produk dengan kapasitas tank 6 Liter ini dilengkapi dengan fitur purifier dan ionizer untuk membersihkan udara secara terintegrasi.

Tak hanya itu, keunggulan lain dari produk air cooler ini adalah fitur humidifier untuk menjaga kelembapan. Desainnya pun simpel dan dapat diletakkan di sudut mana pun.

Air cooler ini juga cocok untuk Anda yang mencari produk hemat listrik, karena Midea AC100-A hanya menggunakan daya sebesar 55 watt saja, loh!

3. Air Cooler Gree GTA-ACOOL4

Berikutnya, ada Gree Air Cooler GTA-ACOOL4 yang mampu melindungi Anda dari paparan virus dan bakteri. Yap! Semua berkat generator anion-nya yang dapat membunuh mikroorganisme berbahaya di udara.

Kapasitas tanknya adalah 4 liter, dengan daya listrik sebesar 50 watt. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan remote control serta fitur touchscreen yang praktis.

4.  Air Cooler Midea Tower Fan 4in1 MAC400R0APW

Rekomendasi produk air cooler terbaik yang keempat adalah Midea Tower Fan Air Cooler 4 in 1 MAC400R0APW! Produk ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik karena fiturnya yang serbaguna.

Anda bisa menggunakannya sebagai air cooler, humidifier, diffuser, bahkan ionizer. Dengan segala fitur canggih tersebut, konsumsi daya listriknya hanya 45 watt saja, lho.

Anda juga bisa mendapatkan kesejukan yang lebih cepat dengan fitur instant cool & natural mist. Lalu, ada juga teknologi ionizer untuk menyegarkan dan membersihkan udara di ruangan rumah Anda.

Dikemas dengan desain yang modern, fleksibel, serta kapasitas tangki sebesar 4 Liter, air cooler ini dapat menjadi salah satu wishlist Anda.

5.  Air Cooler Honeywell ES800

Yang terakhir, ada Honeywell Air Cooler ES800! Nah, produk ini sangat direkomendasikan buat Anda yang mencari air cooler terbaik dengan sifat ramah lingkungan.

Mode TurboBlast di dalamnya dapat membantu mendinginkan ruangan rumah dengan lebih cepat. Selain itu, ada juga mode QuietSleep untuk operasi air cooler yang lebih senyap.

Kapasitas tanknya cukup besar yaiut 7 liter. Desainnya sendiri portabel dengan fitur remote control yang bisa diatur dari jarak jauh. Ada banyak keunggulan yang ditawarkannya, kan?

Demikian pembahasan tentang tips memilih air cooler terbaik serta 5 rekomendasi produk air cooler terbaik untuk rumah Anda. Apakah Anda sudah punya produk air cooler terbaik yang menjadi incaran?

Terima kasih telah membaca artikel ini! Temukan artikel-artikel menarik seputar kebutuhan rumah tangga pada blog kami.

Artikel Terkait

Artikel Terbaru